Rehusisma, Lutfin Andyana (2017) Pengembangan media pembelajaran (booklet dan video) untuk penguatan nilai-nilai perilaku hidup bersih & sehat pada masyarakat ekonomi rendah di beberapa Kecamatan Kabupaten Malang / Lutfin Andyana Rehusisma. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rehusisma L.A. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran (Booklet dan Video) Untuk Penguatan Nilai-Nilai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Masyarakat Ekonomi Rendah di Beberapa Kecamatan Kabupaten Malang. Tesis Jurusan Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati M.Pd. (II) Dr. Endang Suarsini M.Ked. Kata Kunci booklet video nilai perilaku hidup bersih dan sehat Salah satu aspek dalam kehidupan bermasyarakat mencakup kebersihan dan kesehatan. Masalah yang ada pada enam Kecamatan di Kabupaten Malang menunjukkan bahwa nilai perilaku hidup bersih dan sehat masyarakat pada Kecamatan Poncokusumo Pujon Wagir Kecamatan Bantur Tumpang dan Turen dengan kriteria kurang baik dan belum ada sosialisasi yang terkait dengan hidup bersih dan sehat dengan menggunakan media yang menunjang. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran booklet dan video untuk penguatan nilai-nilai perilaku hidup bersih dan sehat bagi masyarakat. Pengembangan media pembelajaran (booklet dan video) ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE (Branch 2009) yang terdiri dari lima tahapan yaitu (1) analyze (analisis) (2) design (desain) (3) develop (pengembangan) (4) implementation (implementasi) (5) evaluation (evaluasi). Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data hasil validasi oleh ahli media booklet dan video data uji kepraktisan (uji kelompok kecil/ small group trial) dan data uji keefektifan (uji kelompok besar). Analisis data dilakukan dengan analisis Uji T pada test pengetahuan masyarakat (pretest dan posttest) terkait perilaku hidup bersih dan sehat. Media pembelajaran booklet setelah divalidasi memperoleh hasil rata-rata dengan persentase sebesar 100% media pembelajaran video memperoleh rata-rata dengan persentase sebesar 97 50% perolehan nilai rata-rata tersebut termasuk dalam kriteria sangat valid. Hasil uji kelompok kecil terhadap media pembelajaran booklet dan video diperoleh rata-rata dengan persentase sebesar 98 90% dan 97 50% perolehan nilai rata-rata tersebut termasuk dalam kriteria sangat valid sehingga media pembelajaran layak untuk di sosialisasikan pada masyarakat. Hasil uji coba kelompok besar pada masyarakat yang melek aksara mengalami peningkatan pengetahuan secara signifikan pada semua kecamatan sedangkan pada masyarakat yang buta aksara mengalami peningkatan namun tidak signifikan pada Kecamatan Bantur. Media pembelajaran merupakan media perantara sebagai penguatan nilai-nilai perilaku bagi masyarakat sehingga masyarakat mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60712 |
Actions (login required)
View Item |