Wardhani S.A, Dyah Kusuma (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis penelitian pengaruh konsentrasi giberelin(GA3) pada keragaan genotipe kedelai tahan cowpea mild mottle virus (CpMMV) / Dyah Kusuma Wardhani S.A. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Arsy Dyah Kusuma Wardhani Syakhbikhisma. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Penelitian Pengaruh Konsentrasi Giberelin (GA3) Pada Keragaan Genotipe Kedelai TahanCowpea Mild Mottle VirusCpMMV. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Siti Zubaidah M.Pd. (II) Dr. Heru Kuswantoro M.P. Kata Kunci Giberelin CpMMV Kedelai Perangkat Pembelajaran Kedelai adalah tanaman pangan yang diminati di Indonesia. Pasokan kedelai yang ada di Indonesia belum memadai untuk mencukupi permintaan konsumen. Menurunnya produksi kedelai disebabkan oleh serangan hama. Hama tersebut yaitu Bemisia tabaci. B. tabaci selain menyebabkan kerusakan secara langsung juga dapat menjadi vektor bagi virus CpMMV. Kerusakan yang ditimbulkan adalah adanya klorosis pada daun dan bintik mozaik. Upaya yang dapat dilakukan selain pembentukan varietas unggul adalah dengan penambahan hormon giberelin. Giberelin mampu mengatasi kondisi kekerdilan pada tanaman. Informasi konsentrasi hormon yang sesuai harus disampaikan pada praktisi pertanian. Siswa SMK pertanian juga merupakan sasaran informasi ini. Dikembangakan perangkat pembelajran berbasis penelitian ini bertujuan agar informasi yang didapat pada penelitian dapat tersampaikan pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen rancangan penelitian menggunakan rancangan acak kelompok lengkap. Data dianalisis menggunakan uji Anova dua jalur untuk mengatuhi pengaruh konsentrasi hormon terhadap keragaan galur-galur kedelai. Galur yang digunakan meliputi Galur UM 4-1 UM 7-2 UM 2-4 UM 76 UM6-2 dan 2 varietas pembanding Gumitir dan Wilis. Keragaan yang diamati meliputi aspek morfologi anatomi dan agronomi. Hasil penelitia kemudian dijadikan bahan untuk pengembangan perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang digunakan menggunakan model pengembangan ADDIEpada tahap implementasi tidak diterapkan dikelas karena ada keterbatasan waktu dan biaya. Evaluasi dilakukan pada setiap tahapan untuk dapat dilanjutkan pada tahap berikutnya. Perlnya pengembangan perangkat pembelajaran berbasis penelitian didasarkan pada analisis kebutuhan di SMKN 2 Batu. Hasil penelitian ini adalah (1) perbedaan genotipe perbedaan konsentrasi giberelin dan interaksi antara keduanya (perbedaan galur dan perbedaan konsentrasi) memberikan pengaruh terhadap keragaan genotipe kedelai. Pengaruh yang terjadi berbeda di setiap genotipe dan konsentrasi dan setiap kenaikan konsentrasi yang diberikan tidak berbanding lurus dengan pengaruh pada keragaan genotipe kedelai (2) Hasil uji kelayakan kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini yakni berdasarkan uji kelayakan dari tiga ahli yang telah disebutkan produk pengembangan perangkat berupa silabus RPP dan bahan ajar berupa LKS mendapatkan rata-rata skor antara 3-4 dengan kategori baik hingga sangat baik. Persentase kelayakan pada semua produk berkisar antara 70.1 % hingga 100%. Hasil tersebut menunjukan baha perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam kategori valid atau layak dan dapat digunakan dengan sedikit revisi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60709 |
Actions (login required)
View Item |