Pengembangan atlas anatomi tumbuhan ficus berbasis potensi lokal Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung sebagai bahan ajar di Universityas Negeri Makasar / Magfirah Rasyid - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan atlas anatomi tumbuhan ficus berbasis potensi lokal Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung sebagai bahan ajar di Universityas Negeri Makasar / Magfirah Rasyid

Rasyid, Magfirah (2017) Pengembangan atlas anatomi tumbuhan ficus berbasis potensi lokal Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung sebagai bahan ajar di Universityas Negeri Makasar / Magfirah Rasyid. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rasyid Magfirah 2017. Pengembangan Atlas Anatomi Tumbuhan Ficus Berbasis Potensi Lokal TN. Bantimurung Bulusaraung sebagai Bahan Ajar di Universitas Negeri Makassar. Tesis. Jurusan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati M. S. (II) Dr. Murni Sapta Sari M. Si). Kata Kunci Bahan ajar potensi lokal anatomi tumbuhan TN. Bantimurung Bulusaraung Pembelajaran berbasis potensi lokal merupakan upaya memperkenalkan potensi daerah kepada peserta didik. Pemanfaatan potensi lokal secara maksimal sebagai sumber belajar diwujudkan dalam bentuk bahan ajar. Bahan ajar yang memanfaatkan lingkungan sekitar dapat memberikan pengalaman yang bermakna bagi peserta didik. Anatomi tumbuhan merupakan salah satu mata kuliah yang memiliki potensi besar dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan terhadap salah satu Dosen Anatomi Tumbuhan di Universitas Negeri Makassar diperoleh informasi bahwa ketersediaan bahan ajar berbasis potensi lokal belum ada. Observasi juga dilakukan terhadap peserta didik 60% menyatakan bahwa contoh tanaman yang terdapat di dalam bahan ajar kurang atau bahkan tidak dikenali sehingga dibutuhkan bahan ajar yang mengangkat potensi lokal agar pembelajaran tidak bersifat abstrak. Salah satu potensi lokal yang dikembangkan di Sulawesi Selatan adalah TN. Bantimurung Bulusaraung yang memiliki tingkat keanekaragaman hayati yang sangat tinggi. Ficus merupakan key species yang terdapat pada kawasan tersebut sehingga pada penelitian ini akan dijabarkan mengenai anatomi tumbuhan Ficus. Tujuan penelitian ini adalah 1) menghasilkan produk bahan ajar berupa atlas anatomi tumbuhan Ficus berbasis potensi lokal TN. Bantimurung Bulusaraung 2) menguji kelayakan produk bahan ajar atlas anatomi tumbuhan Ficus berbasis potensi lokal TN. Bantimurung Bulusaraung. Penelitian ini menghasilkan atlas berbasis potensi lokal sebagai suplemen pembelajaran yang valid untuk pembelajaran anatomi tumbuhan di perguruan tinggi. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang merupakan akronim dari Analyze (analisis) Design (perancangan) Develop (pengembangan) Implement (penerapan) dan Evaluate (evaluasi). Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Atlas anatomi tumbuhan dikembangkan berdasarkan studi identifikasi tumbuhan Ficus di TN. Bantimurung Bulusaraung Kab. Maros (Sulawesi Selatan) dan diperoleh 18 jenis Ficus pada kawasan tersebut. Adapun hasil validasi produk oleh atlas anatomi tumbuhan Ficus oleh validator ahli materi diperoleh nilai persentase sebesar 98%. Hasil validasi produk atlas oleh ahli pengembangan bahan ajar diperoleh nilai persentase sebesar 99%. Hasil validasi produk atlas oleh praktisi pendidikan diperoleh nilai persentase sebesar 84%. Hasil uji coba pendahuluan diperoleh nilai persentase sebesar 86%. Hasil validasi menunjukkan kualifikasi yang sangat valid dan sangat praktis. Sehingga disimpulkan bahwa atlas anatomi tumbuhan berbasis potensi lokal telah valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran. ABSTRACT Rasyid Magfirah 2017. Developing Atlas of Ficus Plant Anatomy Based on Local Potency of TN. Bantimurung Bulusaraung as Learning Material at University of Makassar. Thesis. Postgraduated Biology Education State University of Malang. Advisors (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati M. S. (II) Dr. Murni Sapta Sari M. Si). Keywords Learning material local potential plant anatomy TN. Bantimurung Bulusaraung Local potency based learning is an effort to introduce local potency to students. Local potency can be used as learning resource for students. Learning materials that utilize the environment can provide an active learning experience for students. Plant anatomy is a subject that has great potential in utilizing the environment as learning resource. Based on interview to lecturer of plant anatomy in University of Makassar the availability of local potency-based as learning material does not exist yet. The observation to learners 60% of them said that some sample of plants in learning materials are unfamiliar or even unknown so they need learning material which describe local potency is urgently needed in order to make the learning become more concrete. One of the local potency that can be explored in South Sulawesi is TN. Bantimurung Bulusaraung which has high biodiversity. Ficus is the key species in the area so this study will describe about Ficus s anatomy. The aims of this research are 1) to produce a Ficus plant anatomy atlas based on local potency as learning material 2) to try feasibility test of Ficus plant anatomy atlas based on local potency. This research is aimed to produce atlas plant of anatomy based on local potency as learning supplement which is applicable for learning plant anatomy. Research method used to develop the product is ADDIE which is an acronym for Analyze Design Develop Implement and Evaluate but in this research is limited to the stage of development. The data obtained by qualitative and quantitative data. The plant anatomy atlas is developed based on identfication of Ficus at TN. Bantimurung Bulusaraung Kab. Maros (South Sulawesi) there are 18 species from the identification. The results from product validation by atlas of anatomy of Ficus plant by material validator showed 98%. It means atlas anatomy of Ficus is valid. The result of validation of prodct by expert of material development showed 99%. Result of validation of atlas anatomy by education practitioner showed 84%. Preliminary trial results in small groups showed 86%. Validation results show highly valid qualifications and very practical. It conluded that the plant anatomy atlas based on local potency is valid and can be used as learning material.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60705

Actions (login required)

View Item View Item