Mahardika, Romadhoni (2015) Pengaruh penggunaan multimedia interaktif (Macromedia Flash) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas III SDN Sawojajar 2 Kota Malang / Romadhoni Mahardika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mahardika Romadhoni. 2015. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif (Macromedia Flash) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas III SDN Sawojajar 2 Kota Malang. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Kependidikan Sekolah dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Rumidjan M Pd (II) Drs. Achmad Taufiq M.Pd. Kata Kunci Multimedia Interaktif Macromedia Flash Hasil Belajar Pembelajaran Tematik. Saat ini perkembangan ilmu pengetahuan dan TIK di dunia berkembang sangat pesat. Hal ini telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia termasuk bidang pendidikan. Pada perkembangan teknologi yang pesat ini hendaknya dapat dimanfaatkan guru untuk kepentingan pendidikan. Diantaranya melalui pembelajaran berbasis komputer atau biasa disebut pembelajaran berbantuan komputer. Penggunaan komputer sebagai media pembelajaran interaktif dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk salah satunya yaitu melalui Multimedia Interaktif (Macromedia Flash). Penggunaan media yang tepat dalam proses belajar-mengajar dapat menimbulkan pengaruh berupa sikap yang lebih positif dari pihak siswa sehingga partisipasinya dalam proses belajar mengajar akan meningkat dan dengan begitu dapat diharapkan bahwa pencapaian prestasi belajar mengajar menjadi lebih tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan ada tidaknya pengaruh Multimedia Interaktif (Macromedia Flash) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas III yang dilaksanakan di SDN Sawojajar 2 Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang dilakukan dengan menggunakan rancangan eksperimen semu (Quasy Experimental Design). Rancangan penelitian ini menggunakan dua kelas untuk dijadikan sampel penelitian. Satu kelas sebagai kelas kontrol dan satu kelas lainnya sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen dalam penelitian ini yaitu pembelajaran yang menggunakan Multimedia Interaktif (Kelas IIIA) sedangkan kelas kontrol tanpa menggunakan Multimedia Interaktif (kelas IIIB). Instrumen yang digunakan adalah tes soal untuk mengetahui hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan berupa uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis penelitian menggunakan uji t independent (one tailed). Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata gain score kelompok eksperimen (16 97) lebih tinggi dari rata-rata gain score kelompok kontrol (10 61). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis penelitian yang dibantu dengan program SPSS 21.0 for windows untuk analisis Compare Means Independent Sampel T Test dengan one tailed menunjukkan nilai thitung ttabel (2 773 1 68) yang berarti Ho gagal diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan Multimedia Interaktif berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas III SDN Sawojajar 2.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6070 |
Actions (login required)
View Item |