Pengembangan multimedia interaktif pelajaran baca tulis aksara Jawa tanpa sandangan untuk kelas III SD Kristen Petra Jombang / Yeremia Putra Tri Ardhana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif pelajaran baca tulis aksara Jawa tanpa sandangan untuk kelas III SD Kristen Petra Jombang / Yeremia Putra Tri Ardhana

Ardhana, Yeremia Putra Tri (2016) Pengembangan multimedia interaktif pelajaran baca tulis aksara Jawa tanpa sandangan untuk kelas III SD Kristen Petra Jombang / Yeremia Putra Tri Ardhana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ardhana Yeremia Putra Tri.2016. Pengembangan Multimedia InteraktifPelajaran Baca TulisAksaraJawaTanpaSandhanganUntukKelas IIISd Kristen Petra Jombang.Skripsi JurusanTeknologiPendidikan FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Anselmus J E Toenlioe M.Pd (II) ArafahHusna S.Pd. M.Med.Kom Kata Kunci Pengembangan MultimediaInteraktif AksaraJawaTanpaSandhangan Multimedia interaktif dalam pembelajaran aksara jawa tanpa sandhangan adalah sebuah presentasi materi aksara jawa tanpa sandhangan yang didalamnya terdapat beberapa informasi dalam bentuk kombinasiteks suara gambar diam gambar bergerak berdurasi bisa berupa video atau animasi dan bersifat interaktif yang artinya dapat dioperasikan secara mandiri oleh siswa yang dapat diterapkan pada saat kegiatan pembelajaran. Tujuan dari pengembangan ini untuk menghasilkanprodukberupa multimedia interaktif yang validdanefektif sehinggadapatdijadikansebagaialternatifdalampencapaiantujuanpembelajaranpadamatapelajaranBahasa Daerah kelas III di SDKristen Petra Jombangkhususnyamateribacadantulisaksarajawatanpasandhangan. Penelitianinimenggunakan model penelitiandanpengembangan Borg and Gall yang telahdiadaptasisehinggadilakukan 9 langkahpenelitiandanpengembangan.Langkahtersebutmeliputipotensidanmasalah pengumpulan data desainproduk validasidesain revisidesain ujicobaproduk revisiproduk ujicobapemakaian revisiproduk.Jenis data yang digunakanadalahkuantitatifdankualitatif.Data kuantitatifdiperolehdarihasilangketahli media ahlimateri audiens/siswadanteshasilbelajar (pre testdanpost test).Sedangkan data kualitatifdiperolehdaritanggapanahli media ahlimateridansiswatentang multimedia interaktifbacadantulisaksarajawatanpasandhangan. Berdasarkanhasilangketahli media diperoleh total persentase 85% hasilangketahlimateridiperoleh total persentase 81 67% hasilangketujicobaperorangandiperoleh total persentase 98 33% % hasilangketujicobakelompokkecildiperoleh total persentase 87 91% hasilangketujicobakelompokbesardiperoleh total persentase 91 75% padahasilbelajarmemperoleh 94 5% halinimenunjukanbahwa multimedia interaktifini valid danlayakdigunakansebagai media pembelajaranmengenaibacadantulisaksarajawatanpasandhangan. Dalamrangkapemanfaatan multimedia interaktifharusdisertaidenganbimbingan guru. Hal inidiperlukankarenaperan guru adalahmembimbingcaramembacadanmenulisaksarajawatanpasandhangandenganbaikdanbenar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/607

Actions (login required)

View Item View Item