Vendiktama, Prayoga Rendra (2017) Pengembangan modul biologi bermuatan konsep 6M dan etika lingkungan berbasis model Project-Based Learning (PjBL) dan pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, dan sikap peduli lingkungan siswa SMAN 1 Krian / Prayoga Rendra Vendiktama. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Vendiktama P.R. 2017. Pengembangan Modul Biologi Bermuatan Konsep 6M dan Etika Lingkungan Berbasis Model Project-Based Learning (PjBL) dan Pengaruhnya terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Berpikir Kreatif dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMAN 1 Krian. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Mimien Henie Irawati M.S. (2) Dr. Endang Suarsini M.Ked. Kata kunci modul konsep 6M etika lingkungan model PjBL keterampilan berpikir kritis keterampilan berpikir kreatif sikap peduli lingkungan Masalah sampah dan kerusakan lingkungan merupakan masalah yang serius dan perlu segera diatasi. Salah satu cara mengatasinya yaitu dengan membudayakan konsep pengelolaan sampah 6M dan etika lingkungan melalui jalur pendidikan menggunakan bahan ajar yang tepat. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru ternyata guru belum memiliki bahan ajar yang khusus membahas tentang konsep 6M dan etika lingkungan sehingga diperlukan upaya pengembangan bahan ajar yang memuat kedua materi tersebut misalnya berupa modul. Modul itu sekaligus diharapkan dapat melatih keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif serta menanamkan sikap peduli lingkungan karena berdasarkan hasil penyebaran angket kepada siswa mayoritas siswa belum mampu melaksanakan indikator keterampilan berpikir kritis dan kreatif serta belum mengkarakterisasi diri dengan nilai peduli lingkungan. Modul dikembangkan dengan berbasis pada model project-based learning (PjBL) karena model ini memiliki banyak keuntungan. Tujuan penelitian ini yakni mengembangkan modul bermuatan konsep 6M dan etika lingkungan berbasis model PjBL dan mengetahui pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis berpikir kreatif dan sikap peduli lingkungan siswa. Penelitian ini mengadaptasi model Penelitian Pengembangan ADDIE. Modul yang telah dikembangkan divalidasi oleh validator dan diuji coba pendahuluan kepada 10 orang siswa pada tahap develop. Modul lalu diterapkan dalam proses pembelajaran menggunakan penelitian eksperimen semu pada tahap implement. Jenis data pada penelitian ini berupa data kuantitatif (meliputi skor validasi modul oleh validator skor respons siswa skor pretes-postes) dan data kualitatif (yaitu komentar dan saran yang diberikan oleh validator dan siswa). Data skor validasi modul dianalisis dengan teknik analisis rerata skor. Data skor respons siswa dianalisis dengan teknik analisis persentase. Data skor pretes-postes siswa dianalisis dengan anakova dan Quade s rank analysis of covariaces. Data komentar dan saran dianalisis dengan teknik triangulasi. Hasil validasi modul oleh ahli modul ahli materi dan praktisi lapangan memiliki rerata skor secara berturut-turut sebesar 3 832 (sangat valid) 3 72 (sangat valid) dan 3 24 (valid). Hasil respons siswa terhadap modul saat uji coba pendahuluan pada tahap develop yaitu sebesar 80 82% (positif) sedangkan pada tahap impelement sebesar 89 73% (sangat positif). Hasil pretes-postes siswa saat penelitian eksperimen semu pada tahap implement menunjukkan bahwa ada perbedaan keterampilan berpikir kritis keterampilan berpikir kreatif dan sikap peduli lingkungan antara siswa yang menggunakan modul (kelas perlakuan) dan siswa yang tidak menggunakan modul (kelas kontrol). Perbedaan tersebut disebabkan oleh penggunaan model PjBL yang terintegrasi dalam modul. Simpulan dalam penelitian ini yaitu modul biologi bermuatan konsep 6M dan etika lingkungan berbasis model PjBL valid praktis untuk digunakan dalam pembelajaran dan efektif untuk mempengaruhi meningkatkan keterampilan berpikir kritis berpikir kreatif dan sikap peduli lingkungan siswa. Saran yang dapat diajukan yakni peneliti yang lain dapat mengembangkan produk lebih lanjut dengan cara memasukkan materi lain yang berkaitan dengan perubahan lingkungan misalnya pemanasan global perubahan iklim atau kerusakan terumbu karang serta mengkombinasikan model PjBL dalam modul dengan model pembelajaran yang lain agar lebih bervariasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60698 |
Actions (login required)
View Item |