Pengaruh model pembelajaran biologi berbasis Reading-Concept Map-Think Pair Share (REMAP-TPS) dan kemampuan akademik berbeda terhadap keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif, dan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMA Kota Batu / Miswandi Tendrita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran biologi berbasis Reading-Concept Map-Think Pair Share (REMAP-TPS) dan kemampuan akademik berbeda terhadap keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif, dan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMA Kota Batu / Miswandi Tendrita

Tendrita, Miswandi (2017) Pengaruh model pembelajaran biologi berbasis Reading-Concept Map-Think Pair Share (REMAP-TPS) dan kemampuan akademik berbeda terhadap keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif, dan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMA Kota Batu / Miswandi Tendrita. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tendrita Miswandi. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Biologi Berbasis Reading-Concept Map-Think Pair Share (Remap-TPS) dan Kemampuan Akademik Berbeda terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMA Kota Batu. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd. (II) Prof. Dr. Hj. Siti Zubaidah M.Pd Kata Kunci keterampilan berpikir kritis keterampilan berpikir kreatif hasil belajar kognitif Remap-TPS Keterampilan berpikir kritis keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa di SMA Batu belum berkembang dengan baik. Siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif tinggi akan dapat menganalisis dan megembangkan banyak ide sehingga mampu menghadapi suatu tantangan dalam menyelesaikan suatu masalah. Keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif yang dimiliki oleh siswa dapat diberdayakan dengan menerapkan suatu model pembelajaran sehingga akan berdampak pada peningkatan hasil belajar kognitif siswa. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran biologi di SMA Kota Batu belum memberdayakan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif siswa. Pemberdayaan kedua keterampilan tersebut dapat diupayakan melalui model pembelajaran yang sesuai. Model pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah pembelajaran biologi berbasis Reading-Concept Map-Think Pair Share (Remap-TPS). Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui adanya perbedaan keterampilan berpikir kritis keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran biologi berbasis Remap-TPS dan pembelajaran Remap 2) mengetahui adanya perbedaan keterampilan berpikir kritis keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif antara siswa berkemampuan akademik tinggi dengan siswa berkemampuan akademik rendah dan 3) mengetahui adanya pengaruh interaksi antara model pembelajaran biologi berbasis Remap-TPS dengan kemampuan akademik terhadap keterampilan keterampilan berpikir kritis keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain penelitian Non-equivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebagai kelas kontrol dengan kemampuan akademik rendah ialah kelas X 1 SMA Islam Batu dan kelas kontrol kemampuan akademik tinggi adalah kelas X MIA 5 SMA Negeri 1 Batu kelas eksperimen dengan kemampuan akademik rendah ialah kelas X 2 SMA Muhammadiyah Batu dan kelas eksperimen dengan kemampuan akademik tinggi adalah kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Batu. Instrumen pengukuran keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif yang digunakan berupa tes essay yang terintegrasi dengan tes hasil belajar kognitif. Hasil jawaban siswa dianalisis dengan rubrik keterampilan berpikir kritis yang dikembangkan oleh Zubaidah dkk. (2015) rubrik keterampilan berpikir kreatif menurut Treffinger (2002) dan penyekoran hasil belajar kognitif berdasarkan tingkat kognitif Bloom yang telah direvisi oleh Anderson dan Krathwohl (2015). Selanjutnya hasil penelitian yang didapatkan diuji statistik dengan teknik Anacova. Hasil penelitian ini adalah 1) Ada perbedaan pada keterampilan berpikir kritis keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMA Kota Batu yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran biologi berbasis pembelajaran biologi berbasis Remap-TPS dan pembelajaran Remap. Siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran Remap-TPS mendapatkan rata-rata terkoreksi keterampilan berpikir kritis keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran Remap 2) Ada perbedaan pada keterampilan berpikir kritis keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif antara siswa berkemampuan akademik tinggi dengan siswa berkemampuan akademik rendah kelas X SMA Kota Batu. Siswa berkemampuan akademik tinggi memiliki rata-rata terkoreksi keterampilan keterampilan berpikir kritis keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif lebih tinggi daripada siswa berkemampuan akademik rendah 3) Ada pengaruh interaksi strategi pembelajaran biologi berbasis Remap-TPS dengan kemampuan akademik terhadap keterampilan berpikir kritis keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMA di Kota Batu. Berdasarkan temuan pada penelitian ini dapat diusulkan penggunaan pembelajaran biologi berbasis Remap-TPS untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif bagi siswa berkemampuan akademik tinggi dan siswa berkemampuan akademik rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60693

Actions (login required)

View Item View Item