Pengaruh Guided Inquiry dengan integrasi Blended Learning (GI-BL) terhadap keterampilan berpikir kritis, literasi informasi, danm literasi sains pada mahasiswa S1 Biologi tahun kedua Universitas Negeri Malang / Widi Cahya Adi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Guided Inquiry dengan integrasi Blended Learning (GI-BL) terhadap keterampilan berpikir kritis, literasi informasi, danm literasi sains pada mahasiswa S1 Biologi tahun kedua Universitas Negeri Malang / Widi Cahya Adi

Adi, Widi Cahya (2017) Pengaruh Guided Inquiry dengan integrasi Blended Learning (GI-BL) terhadap keterampilan berpikir kritis, literasi informasi, danm literasi sains pada mahasiswa S1 Biologi tahun kedua Universitas Negeri Malang / Widi Cahya Adi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adi Widi Cahya. 2017. Pengaruh Guided Inquiry dengan Integrasi Blended Learning (GI-BL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Literasi Informasi dan Literasi Sains pada Mahasiswa S1 Biologi Tahun Kedua Universitas Negeri Malang. Tesis Program Studi Magister Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hadi Suwono M.Si. (II) Dr. Endang Suarsini M.Ked. Kata Kunci Guided Inquiry-Blended Learning (GI-BL) Berpikir Kritis Literasi Informasi Literasi Sains Abad 21 merupakan era globalisasi yang disertai pesatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan permasalahan global. Manusia dituntut untuk memiliki kecakapan abad 21 diantaranya keterampilan berpikir kritis literasi informasi dan literasi sains agar dapat memecahkan masalah mencari dan menggunakan informasi serta menghasilkan keputusan yang tepat. Ketiga keterampilan harus dipersiapkan pada generasi muda termasuk mahasiswa biologi. Sejumlah laporan penelitian menunjukkan rendahnya ketiga keterampilan tersebut pada mahasiswa biologi. Solusi yang dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah menerapkan pembelajaran sesuai dengan tuntutan abad 21 (berpusat pada mahasiswa kolaboratif dan mengintegrasikan TIK). Guided inquiry (GI) merupakan salah satu startegi pembelajaran sesuai tuntutan abad 21. GI telah banyak dilaporkan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis literasi informasi dan literasi sains. TIK dapat diintegrasikan pada GI yakni dalam bentuk Blended Learning (GI-BL). BL dapat meningkatkan keefektifan pembelajaran GI. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh GI-BL terhadap keterampilan berpikir kritis literasi informasi dan literasi sains. Penelitian ini menggunakan desain nonrandomized control group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah mahasiswa biologi FMIPA UM angkatan 2015 yang terdiri atas kelas G H dan I. Strategi yang digunakan adalah GI-BL pada kelas eksperimen Structured Inquiry-Blended Learning (SI-BL) pada kelas kontrol 1 dan Structured Inquiry (SI) pada kelas kontrol 2. Instrumen penelitian berupa soal pretes-postes keterampilan berpikir kritis literasi informasi dan literasi sains secara berurutan mengacu pada indikator WGCTA ACRL dan TOSLS. Analisis data nilai total masing-masing strategi menggunakan uji-t dan anakova data setiap indikator dianalisis menggunakan uji-t berpasangan dan Wilcoxon Rank Test disertai dengan Cohen s d. Hasil penelitian menunjukkan bahwa GI-BL dan SI-BL berpengaruh signifikan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis namun GI-BL lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenali asumsi mengevaluasi argumen dan menafsirkan argumen. GI-BL berpengaruh signifikan dalam meningkatkan literasi informasi kemampuan yang mengalami peningkatan adalah mengidentifikasi informasi yang dibutuhkan mengakses informasi secara efektif dan efisien mengevaluasi informasi dan sumber dengan kritis dan menggunakan informasi secara efektif. GI-BL dan SI-BL memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan literasi sains namun GI-BL lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan memvalidasi literatur mendesain penelitian ilmiah dan statistik dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60692

Actions (login required)

View Item View Item