Sari, Alvina Putri Purnama (2017) Analisis reverse docking senyawa scopoletin buah mengkudu (Morinda citrifolia) yang berpotensi sebagai kandidat antiautis dan pengembangannya sebagai buku ajar bioteknologi / Alvina Putri Purnama Sari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sari Alvina Putri Purnama. 2017. Analisis Reverse Docking Senyawa Scopoletin Buah Mengkudu (Morinda citrifollia) yang Berpotensi sebagai Kandidat Antiautis dan Pengembangannya sebagai Buku Ajar Bioteknologi. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. agr. Mohamad Amin M. Si. (II) Dr. Betty Lukiati M.S. Kata Kunci buku ajar scopoletin mengkudu autis reverse docking Lulusan Perguruan Tinggi diharapkan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat sesuai standar kompetensi lulusan (SKL) dan level pendidikannya. Pendidikan level 6 (sarjana/diploma IV) memiliki standar kompetensi kelulusan salah satunya mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta menyelesaikan permasalahan disekitarnya. Pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan dapat dituangkan dalam sajian mata kuliah salah satunya mata kuliah Bioteknologi di Universitas Negeri Malang (UM). Proses pembelajaran bioteknologi di UM sudah baik namun perlu dimaksimalkan dengan memanfaatkan teknologi yang sesuai dengan perkembangan zaman saat ini salah satunya dengan memanfaatkan database berbasis data molekuler dengan pendekatan bioinformartika. Bioinformatika mampu membantu menyelesaikan masalah dilingkungan masyarakat salah satunya dibidang kesehatan yaitu dengan memprediksi senyawa alami tumbuhan yang bermanfaat dalam mengidentifikasi penyebab suatu penyakit/gangguan kesehatan. Senyawa alami yang dapat dimanfaatkan bagi kesehatan dan menyelesaikan masalah kesehatan masyarakat yaitu senyawa scopoletin salah satu manfaatnya yaitu berpotensi menjadi terapi autis. Senyawa scopoletin dapat ditemukan di alam salah satunya pada buah mengkudu. Identifikasi potensi senyawa scopoletin sebagai kandidat terapi gangguan autis dapat dilakukan prediksi dengan bioinformatika (in silico) dengan teknik reverse docking. Sajian pengetahuan ini dapat dituangkan dalam bentuk buku ajar untuk membekali mahasiswa pengetahuan baru dan mampu belajar secara mandiri dalam memanfaatkan teknologi. Tujuan penelitian ini yaitu 1) menganalisis senyawa scopoletin buah mengkudu yang berpotensi menghambat gangguan autis 2) mengembangkan buku ajar bioteknologi dengan pendekatan bioinformatika 3) menguji kevalidan kepraktisan dan tingkat keterbacaan buku ajar yang telah dikembangkan. Penelitian yang dilakukan terdiri dari 2 tahap. Tahap I menganalisis senyawa scopoletin secara in silico yang berpotensi menghambat gangguan autis dengan melihat pengikatannya dengan protein target penyebab autis. Proses analisis secara in silico dengan memanfaatkan database dari berbagai server dan software bioinformatika. Penelitian tahap II yaitu mengembangkan buku ajar bioteknologi dengan pendekatan bioinformatika. Instrumen penilaian yaitu menggunakan lembar validasi dan angket. Subjek penelitian ini yaitu 2 validator (ahli materi dan ahli pengembangan bahan ajar) praktisi lapangan dan mahasiswa. Hasil penelitian tahap I diketahui bahwa protein target dari senyawa scopoletin yang menjadi penyebab autis yaitu protein stromelysin-1 (MMP-3). Hasil reverse docking diketahui bahwa senyawa scopoletin mampu menghambat gangguan autis dengan interaksi pengikatan scopoletin dengan stromelysin-1 yaitu pada sisi yang sama dengan senyawa kontrol yang selama ini digunakan nilai afinitas pengikatan senyawa scopoletin dengan stromelysin-1 yaitu sebesar -8 1 kcal/mol. Hasil tersebut menjelaskan bahwa senyawa scopoletin berpotensi sebagai kandidat alternatif terapi gangguan autis dan perlu dibuktikan lebih lanjut secara in vitro dan in vivo. Hasil penelitian tahap II yaitu pengembangan buku ajar diketahui penilaian oleh ahli materi yaitu sebesar 94% ahli pengembangan bahan ajar yaitu sebesar 86% praktisi lapangan 91% dan mahasiswa 85%. Berdasarkan penilaian terhadap pengembangan buku ajar tersebut diketahui bahwa buku ajar yang telah dikembangkan sudah valid praktis dan memiliki tingkat keterbacaan yang baik sehingga bahan ajar dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60691 |
Actions (login required)
View Item |