Pengaruh penerapan pembelajaran ARIAS dipadu Mind Map terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Tempunak / Leliavia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan pembelajaran ARIAS dipadu Mind Map terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Tempunak / Leliavia

Leliavia (2017) Pengaruh penerapan pembelajaran ARIAS dipadu Mind Map terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Tempunak / Leliavia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Leliavia. 2017. Pengaruh Penerapan Pembelajaran ARIAS Dipadu Mind map Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Tempunak. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati Al Muhdhar M.S. (II) Dr. Hadi Suwono M.Si. Kata Kunci ARIAS Mind map Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar. Pendidikan merupakan suatu aspek kehidupan yang sangat mendasar bagi pembangunan bangsa suatu Negara kegiatan pendidikan dilaksanakan guna memperoleh tujuan pendidikan tujuan pendidikan adalah agar seseorang memiliki pengetahuan keterampilan dan sikap dalam bentuk perubahan perilaku hasil belajar. Berdasarkan tujuan dalam proses pendidikan salah satu pembelajaran yang memiliki peranan penting yaitu pembelajaran IPA. Tujuan pembelajaran IPA secara khusus biologi adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis kurangnya pemikiran kritis dapat memberikan efek negatif dalam kegiatan pembelajaran Oleh karena itu pengembangan kemampuan berpikir kritis menjadi sangat penting bagi siswa disetiap jenjang pendidikan namun seringkali sulit untuk benar-benar dipahami bagaimana menumbuhkannya. sejalan dengan hal tersebut proses pembelajaran di sekolah dewasa ini kurang mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan mengembangkan potensi yang dimiliki siswa Kenyataan tersebut juga terjadi di Sintang khususnya SMPN 1 Tempunak hal tersebut terlihat dari hasil belajar siswa yang masih rendah serta kurang tergalinya kemampuan berpikir kritis siswa. Masalah ini memerlukan solusi dan salah satu alternatif solusinya adalah dengan menerapkan pembelajaran ARIAS dipadu mind map dalam pembelajaran biologi karena secara teoritik maupun hasil penelitian pembelajaran tersebut berpotensi meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui 1) pengaruh penerapan model pembelajaran ARIAS dipadu Mind-map terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tempunak 2) pengaruh penerapan model pembelajaran ARIAS dipadu Mind-map terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tempunak 3) pengaruh penerapan model pembelajaran ARIAS dipadu Mind-map terhadap hasil belajar afektif siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tempunak 4) pengaruh penerapan model pembelajaran ARIAS dipadu Mind-map terhadap hasil belajar psikomotorik siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tempunak. Penelitian ini menggunakan pendekatan ekseprimen semu (quasi experiment) dengan rancangan pretest-posttest Nonequivalen control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran ARIAS dipadu mind map dan variabel terikat adalah kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar (Kognitif afektif dan psikomotor). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Tempunak dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIIA dan VIIB sebagai kelas eksperimen dan VIIC sebagai kelas kontrol. Analisis data diawali dengan melakukan uji normalitas dan uji homogenitas kemudian dilanjutkan dengan analisis kovarian (anacova) untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis hasil belajar kognitif dan hasil belajar afektif serta analisis varian (Anova) untuk mengetahui hasil belajar psikomotor. Bila hasil signifikan (variabel bebas berpengaruh pada variabel terikat) maka analisis dilanjutkan dengan uji lanjut LSD dengan menggunakan program SPSS 23 for windows dengan taraf signifikansi 0 05. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh penerapan pembelajaran ARIAS dan ARIAS dipadu mind map terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tempunak 2) Ada pengaruh penerapan pembelajaran ARIAS dan ARIAS dipadu mind map terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tempunak 3) Ada pengaruh penerapan pembelajaran ARIAS dan ARIAS dipadu mind map terhadap hasil belajar afektif siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tempunak 4) Ada pengaruh penerapan pembelajaran ARIAS dan ARIAS dipadu mind map terhadap hasil belajar psikomotor siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tempunak. Berdasarkan analisis menggunakan uji lanjut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran ARIAS dipadu mind map dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar (kognitif afektif dan psikomotor) siswa. Dengan demikian guru IPA diharapkan dapat menggunakan model pembelajaran ARIAS dipadu mind map sebagai salah satu pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. ABSTRACT Leliavia. 2017. The Effect of ARIAS Learning Implementation Combined Mind Map to the Critical Thinking Ability and Learning Outcome for Students in the 7th Grade SMPN 1 Tempunak. Thesis Study Program of Biology Education Postgraduate Program State University of Malang. Supervisors (1) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati Al Muhdhar M.S. (II) Dr. Hadi Suwono M.Si. Keywords ARIAS Mind Map Critical Thinking Ability Learning Outcome Education is a very fundamental living aspect for Nation s development. Education activity conducted in order to reach education goal in which education goal is making one owns the knowledge skill and attitude in the form of behavioral changes towards learning outcome. Based on the goal in education process one of learning which has an important role is Natural Science learning. The goal of Natural Science learning especially for biology learning is to improve critical thinking ability. It is because less critical thinking ability will give negative effect to the learning activity. Therefore the development of critical thinking ability becomes very important for students in every education level. However most of times it is difficult to be understood about how to develop the critical thinking ability. In line with that case learning process in the school recently has less critical thinking ability development and less potential development that owned by students. Those facts also occurred in Sintang particularly in SMPN (Public Junior High School) 1 Tempunak. It was seen from low student learning outcome as well as less exploration in student s critical thinking ability. These problems need solution and one of the alternative solution is by implementing ARIAS learning combined mind map in biology learning due to either theoretically or based on research result this learning has potential to improve critical thinking ability and learning outcome of students. This research was conducted to know 1) the effect of ARIAS learning implementation combined mind map to the critical thinking ability of students in the 7th Grade SMP Negeri 1 Tempunak 2) the effect of ARIAS learning implementation combined mind map to the cognitive learning outcome of students in the 7th Grade SMP Negeri 1 Tempunak 3) the effect of ARIAS learning implementation combined mind map to the affective learning outcome of students in the 7th Grade SMP Negeri 1 Tempunak and 4) the effect of ARIAS learning implementation combined mind map to the psychomotor learning outcome of students in the 7th Grade SMP Negeri 1 Tempunak. This research used quasi experimental approach with pretest-posttest non equivalent control group design. Independent variable in this research was ARIAS learning combined mind map while dependent variables in this research were critical thinking ability and learning outcome (cognitive affective and psychomotor). The research population was all students in the 7th Grade SMPN 1 Tempunak and the research sample was students in the 7th-A and 7th-B Grade as experimental class while 7th-C Grade as control class. Data analysis was started by conducting normality test and homogeneity test and then followed by analysis of covariance (anacova) to know critical thinking ability cognitive learning outcome and affective learning outcome while analysis of variance (anova) was conducted to know psychomotor learning outcome. If the result is significant (independent variable affected to the dependent variable) then analysis will be followed by LSD advance test by using program of SPSS 23 for windows with significance level of 0.05. The research result showed that 1) There was the effect of ARIAS learning implementation and ARIAS combined mind map to the critical thinking ability of students in the 7th Grade SMP Negeri 1 Tempunak 2) There was the effect of ARIAS learning implementation and ARIAS combined mind map to the cognitive learning outcome of students in the 7th Grade SMP Negeri 1 Tempunak 3) There was the effect of ARIAS learning implementation and ARIAS combined mind map to the affective learning outcome of students in the 7th Grade SMP Negeri 1 Tempunak and 4) There was the effect of ARIAS learning implementation and ARIAS combined mind map to the psychomotor learning outcome of students in the 7th Grade SMP Negeri 1 Tempunak. Based on analysis by using advance test then it could be drawn a conclusion that ARIAS learning implementation combined mind map could improve critical thinking ability and learning outcome (cognitive affective and psychomotor) of students. Therefore teachers of Natural Science should able to implement ARIAS learning model combined mind map as one learning that can improve critical thinking ability and learning outcome of students.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60688

Actions (login required)

View Item View Item