Pengembangan modul bioteknologi berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar, kemampuan berpikir kritis dan sikap siswa kelas XII SMKN 2 Batu / Minahanggari Mukti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul bioteknologi berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar, kemampuan berpikir kritis dan sikap siswa kelas XII SMKN 2 Batu / Minahanggari Mukti

Mukti, Minahanggari (2017) Pengembangan modul bioteknologi berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar, kemampuan berpikir kritis dan sikap siswa kelas XII SMKN 2 Batu / Minahanggari Mukti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mukti Minahanggari. 2017. Pengembangan Modul Bioteknologi Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Siswa Kelas XII SMKN 2 Batu Tesis. Jurusan Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Umie Lestari M.Si. (II) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D. Kata Kunci modul bioteknologi PBL hasil belajar kognitif berpikir kritis sikap terhadap bioteknologi Pengembangan Kurikulum 2013 dilakukan untuk menghadapi arus globalisasi dengan menekankan pada pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi salah satunya dalam mata pelajaran biologi. Mata pelajaran biologi di SMK pada Kurikulum 2013 dikembangkan dari kompetensi yang menyesuaikan dengan perkembangan teknologi serta kebutuhan dunia usaha dan industri. Salah satu bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang pesat adalah bioteknologi. Siswa perlu dibekali dengan pengetahuan yang cukup tentang berbagai aspek dari bioteknologi. Implikasi dari dibelajarkannya bioteknologi bukan hanya untuk meningkatkan pengetahuan siswa tetapi juga berkaitan dengan mengembangkan sikap. Siswa membutuhkan kemampuan berpikir kritis untuk menentukan sikapnya terkait bioteknologi. Fakta di lapangan menunjukkan bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran materi bioteknologi kurang relevan untuk memenuhi tujuan tersebut. Solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengintegrasikan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar kemampuan berpikir kritis dan sikap siswa terhadap bioteknologi. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan tersebut adalah Problem Based Learning (PBL). Berdasarkan latar belakang tersebut perlu dilakukan pengembangan modul materi bioteknologi yang dirancang dengan menggunakan langkah-langkah model pembelajaran PBL yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis hasil belajar dan sikap siswa. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk (1) menghasilkan modul bioteknologi berbasis PBL untuk siswa kelas XII SMKN 2 Batu yang telah melalui uji validitas dan keefektifan dan (2) mengkaji keefektifan produk pengembangan modul bioteknologi berbasis PBL untuk meningkatkan hasil belajar kognitif kemampuan berpikir kritis dan sikap siswa kelas XII SMKN 2 Batu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan. Prosedur penelitian dan pengembangan mengacu pada langkah-langkah penelitian dan pengembangan model ADDIE. Uji coba produk dibagi menjadi tiga tahap yaitu (1) uji perseorangan pada ahli materi ahli desain dan media pembelajaran dan praktisi (2) uji kelompok kecil dilakukan pada alumni dan (3) uji lapangan pada siswa kelas XII-APT. Uji coba perseorangan dan uji coba kelompok kecil bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan mendapatkan masukan untuk revisi modul. Uji coba lapangan menggunakan one-group pretest-posttest desain yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan modul data nilai pretest-posttest diuji dengan uji-t berpasangan. Berdasarkan kriteria kelayakan Modul Bioteknologi Berbasis PBL sangat layak digunakan. Persentase kelayakan modul berdasarkan penilaian oleh (1) ahli materi yaitu sebesar 96% (2) ahli media dan desain pembelajaran yaitu sebesar 95% dan (3) guru sebesar 91%. Berdasarkan uji coba lapangan Modul Bioteknologi Berbasis PBL terbukti efektif meningkatkan hasil belajar kognitif kemampuan berpikir kritis dan sikap siswa. Hasil uji-t berpasangan untuk hasil belajar kognitif diperoleh nilai t hitung sebesar 14 051 dengan p-value 0 000dan untuk kemampuan berpikir kritis diperoleh nilai t hitung sebesar 28 977 dengan p-value 0 000 karena nilai p-value 945 ( 945 0 05) hal ini berarti ada perbedaan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa antara sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan modul hasil pengembangan. Hasil uji nonparametrik menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test sikap siswa terhadap bioteknologi diperoleh nilai Z hitung sebesar 4 115 dengan p-value 0 000 p-value 0 05 hal ini berarti ada perbedaan sikap siswa terhadap bioteknologi antara sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan modul hasil pengembangan. ABSTRACT Mukti Minahanggari. 2017. Development of Biotechnology Module Based on Problem Based Learning (PBL) to Improve Learning Outcomes Critical Thinking Skills and Attitudes for XII Grade Student of SMKN 2 Batu Thesis. Jurusan Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Supervisor (i) Dr. Umie Lestari M.Si. (II) Prof Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D. Keywords biotechnology module PBL the cognitive learning critical thinking attitudes toward biotechnology Indonesian curriculum development (Kurikulum 2013) aims to encounter globalization emphasizing on the importance of science and technology one of them is in the biology course. In Kurikulum 2013 for vocational school biology course is developed from the competency which is adapted to technological developments and the needs of business and industry. Biotechnology is one of the science and technology subjects that is growing rapidly. Students need to be prepared with enough knowledge about the various aspects of biotechnology. The implication of the biotechnology learning is not only to improve the knowledge of students but also to develop their attitude. Students need critical thinking skills to have a certain attitude towards biotechnology. But the facts show that the teaching material used in biotechnology learning process is less relevant to accomplish these purposes. The solution can be applied to solve these problems is by integrating a learning model that can improve learning outcomes critical thinking skills and attitudes towards biotechnology. One of the learning models that suits for this purpose is Problem Based Learning (PBL). Based on this background the development of biotechnology module which designed using the steps PBL learning modelthat can improve learning outcomes critical thinking skills and attitudes toward biotechnology is needed. The aims of this study is to (1) produce a biotechnology module-based on PBL for students of vocational public school in Batu City (SMKN 2 Batu) that have been through the validity and (2) assess the effectiveness of product development biotechnology modules-based on PBL to improve the learning outcomes critical thinking skills and attitude towards biotechnology of 12th grade students of vocational public school in Batu City (SMKN 2 Batu). This study is a research and development. The procedure refers to the steps of ADDIE model. The trial of the products is divided into three stages (1) an individual test or one-to-one trial on the material expert instructional design and media expert and practitioners (2) test conducted on a small group trial ongraduate students and (3) field trial in XII-APTclass. The one-to-one trial and small group trial aims to determine the validity and get some suggestion for the revision of the module. The field trials using the one-group pretest-posttest design that aims to determine the effectiveness of the module data obtained from the pretest-posttest score were tested with paired t-test. Based on the validity criteria Biotechnology Module-Based on PBL is very validto use. Percentage of validity module based on an assessment by (1) material experts is 96% (2) instructional design and media expert is 95% and (3) practitioners is 91%. The field trial result showed that the Biotechnology Modules -Based on PBL have been proven effective to improve the students learning outcomes critical thinking skills and attitudes toward biotechnology.The result of paired t-test for learning outcomes obtained t value 14 051 with p-value 0 000 and for critical thinking skills obtained t value 28 977 with p-value 0 000 because p-value

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60687

Actions (login required)

View Item View Item