Pengembangan perangkat pembelajaran blended learning materi identifikasi mikroorganisme untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Teknik Kimia SMK Negeri 2 Batu / Tito Wahyu Anggoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran blended learning materi identifikasi mikroorganisme untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Teknik Kimia SMK Negeri 2 Batu / Tito Wahyu Anggoro

Anggoro, Tito Wahyu (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran blended learning materi identifikasi mikroorganisme untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Teknik Kimia SMK Negeri 2 Batu / Tito Wahyu Anggoro. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggoro Tito Wahyu. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Blended Learning Materi Identifikasi Mikroorganisme untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Teknik Kimia SMK Negeri 2 Batu. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. Dra. Utami Sri Hastuti M.Pd. (II) Dr. Endang Suarsini M.Ked. Kata kunci perangkat pembelajaran identifikasi mikroorganisme blended learning blog pembelajaran handout praktikum Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran materi Identifikasi Mikroorganisme menggunakan model blended learning dengan hasil silabus RPP blog pembelajaran dan handout praktikum. Kualitas hasil pengembangan meliputi kevalidan kepraktisan dan keefektifan. Kompetensi yang digunakan dalam pengembangan adalah sel dan koloni bakteri khamir dan kapang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian dilakukan mulai Februari 2016 sampai Desember 2016. Model penelitian pengembangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima langkah penelitian pengembangan. Uji coba perangkat pembelajaran dilakukan dengan tiga tahap yaitu (1) uji validasi ahli (2) uji keterbacaan kelompok kecil dan (3) uji coba lapangan. Uji coba lapangan dilakukan di kelas XI SMK Negeri 2 Batu. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi angket online siswa terhadap keterbacaan blog pembelajaran dan handout praktikum angket online respons siswa dan tes hasil belajar. Analisis data kevalidan dan analisis data kepraktisan dilakukan dengan cara mengkonversi data kuantitatif berupa skor hasil penilaian menjadi data kualitatif berupa nilai standar skala empat. Analisis data keefektifan blog pembelajaran dan handout praktikum menggunakan analisis gain score dari tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan perangkat pembelajaran materi Identifikasi Mikroorganisme yang dikembangkan telah memenuhi kualitas valid praktis dan memiliki tingkat keefektifan tinggi untuk digunakan dalam pembelajaran. Beberapa saran yang dapat disusun yaitu (1) pemakaian silabus RPP blog pembelajaran dan handout praktikum serta instrumen penilaian memerlukan pemahaman yang baik sehingga pelaksanaan pembelajaran dapat sesuai dengan harapan dikembangkannya perangkat pembelajaran. (2) pengembangan media pembelajaran secara online lebih stabil menggunakan sistem LMS (Learning Management System). (2) kesiapan sarana prasarana penunjang kegiatan pembelajaran secara online dan praktikum juga harus dipersiapkan dengan baik sehingga pelaksanaan pembelajaran bisa optimal serta (3) perlu dilakukan sosialisasi terhadap perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dalam forum Musyawarah Guru Kompetensi Keahlian seminar ilmiah maupun sosialisasi melalui media e-book yang dapat dibuka dengan aplikasi berbasis Android yang dapat disebarluaskan kepada se-mua pihak yang membutuhkan materi dari blog pembelajaran maupun handout praktikum hasil pengembangan ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60686

Actions (login required)

View Item View Item