Pengaruh metode speed reading dipadu dengan metode mind mapping dan gender terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas X di SMA Swasta Kota Surabaya / Edi Sulistiyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode speed reading dipadu dengan metode mind mapping dan gender terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas X di SMA Swasta Kota Surabaya / Edi Sulistiyono

Sulistiyono, Edi (2017) Pengaruh metode speed reading dipadu dengan metode mind mapping dan gender terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas X di SMA Swasta Kota Surabaya / Edi Sulistiyono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sulistiyono Edi. 2017. Pengaruh Metode Speed Reading dipadu dengan Metode Mind Mapping dan Gender terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas X di SMA Swasta Kota Surabaya. Tesis. Jurusan Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd. (II) Dr. Murni Saptasari M.Si. Kata kunci Speed Reading-Mind Mapping Gender Keterampilan Berpikir Kreatif Hasil Belajar Kognitif Keterampilan berpikir kreatif adalah kemampuan untuk membuat sesuatu baik dalam bentuk ide langkah atau produk. Hasil belajar kognitif merupakan salah satu produk suatu proses berpikir dalam pembelajaran di sekolah. Fakta menunjukkan hasil belajar kognitif siswa laki-laki dan siswa perempuan tergolong rendah dan keterampilan berpikir kreatif belum diberdayakan dalam pembelajaran. Penerapan metode pembelajaran yang inovatif diperlukan untuk memberdayakan keterampilan berpikir kreatif dan peningkatan hasil belajar kognitif siswa. Kajian secara parsial tentang metode speed reading dan mind mapping telah mampu meningkatkan hasil belajar kognitif dan memberdayakan keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif biologi pada siswa yang dibelajarkan menggunakan metode speed reading-mind mapping dan metode konvensional (2) perbedaan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif biologi pada siswa laki-laki dan siswa perempuan yang dibelajarkan menggunakan metode speed reading-mind mapping dan metode konvensional (3) interaksi antara pembelajaran biologi melalui metode speed reading-mind mapping dengan gender terhadap berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif biologi siswa. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan menggunakan Pretest-Postest Factorial Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X-MIA pada SMA swasta Surabaya sedangkan sampel penelitiannya adalah kelas X-MIA SMA Bina Bangsa dan kelas X-MIA.4 SMA Kemala Bhayangkari 1 yang dipilih secara acak menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen pre-test dan post-test dalam soal uraian keterampilan berpikir kreatif dan tes hasil belajar kognitif dengan soal objektif. Data dianalisis dengan menggunakan uji anakova. Hasil analisis uji anakova menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif biologi pada siswa yang dibelajarkan menggunakan metode speed reading-mind mapping dan metode konvensional (2) tidak ada perbedaan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif biologi pada siswa laki-laki dan siswa perempuan yang dibelajarkan menggunakan metode speed reading-mind mapping dan metode konvensional (3) tidak ada perbedaan interaksi antara pembelajaran biologi melalui metode speed reading-mind mapping dengan gender terhadap berpikir kreatif siswa (4) ada perbedaan interaksi antara pembelajaran biologi melalui metode speed reading-mind mapping dengan gender terhadap hasil belajar kognitif biologi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60685

Actions (login required)

View Item View Item