Sayekti, Endah (2017) Pengaruh model pembelajaran inkuiri sains berbantuan mind mapping terhadap keterampilan membaca pemahaman teks ilmiah, keterampilan menulis ilmiah, dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bungkal Ponorogo / Endah Sayekti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sayekti Endah. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Sains Berbantuan Mind Mapping Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Ilmiah Keterampilan Menulis Ilmiah dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bungkal Ponorogo. Tesis Pascasarjana Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hadi Suwono M.Si. (II) Dr. Sueb M.Kes. Kata Kunci inkuiri sains mind mapping keterampilan membaca pemahaman teks ilmiah keterampilan menulis ilmiah hasil belajar biologi Pembelajaran abad 21 membekali siswa dengan 3 keterampilan inti yaitu membaca menulis dan berhitung. Rendahnya keterampilan membaca menulis dan hasil belajar siswa menyebabkan pembelajaran yang sudah ada harus berubah dari pembelajaran pasif menjadi pembelajaran aktif dan konstruktif dan dari pembelajaran berpusat pada guru menjadi pembelajaran berpusat pada siswa. Pembelajaran inkuiri sains merupakan pembelajaran aktif dan konstruktif yang dilakukan melalui aktivitas investigasi berdasarkan pertanyaan yang diajukan oleh guru buku teks maupun siswa. Pembelajaran inkuiri sains memfasilitasi siswa berlatih membaca dan menulis. Sedangkan mind mapping merupakan metode belajar dengan strategi memaksimalkan kerja otak yang membantu siswa mengorganisasi materi sehingga membantu siswa membaca menulis dan menguasai materi. Dengan demikian integrasi mind mapping dalam sintaks model inkuiri sains pada mata pelajaran biologi berpotensi meningkatkan keterampilan membaca pemahaman teks ilmiah keterampilan menulis ilmiah dan hasil belajar biologi siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui perbedaan keterampilan membaca pemahaman teks ilmiah biologi yang dibelajarkan menggunakan model inkuiri sains berbantuan mind mapping dan yang dibelajarkan menggunakan model konfirmatori pada siswa SMAN 1 Bungkal dengan menyesuaikan keterampilan membaca pemahaman teks ilmiah biologi awal (2) mengetahui perbedaan keterampilan menulis ilmiah biologi yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri sains berbantuan mind mapping dan yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konfirmatori pada siswa SMAN 1 Bungkal dengan menyesuaikan keterampilan menulis ilmiah biologi awal dan (3) mengetahui perbedaan hasil belajar biologi yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri sains berbantuan mind mapping dan yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konfirmatori pada siswa SMAN 1 Bungkal dengan menyesuaikan hasil belajar biologi awal. Penelitian quasi experiment ini menggunakan desain nonrandomized control group pretest-posttest. Populasi merupakan siswa kelas X SMAN 1 Bungkal yang memiliki kemampuan setara sedangkan sampel penelitian yaitu kelas X3 dan X4 yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Kelas eksperimen dibelajarkan dengan model inkuiri sains berbantuan mind mapping sedangkan kelas kontrol dibelajarkan dengan model konfirmatori. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest keterampilan membaca pemahaman teks ilmiah keterampilan menulis ilmiah dan hasil belajar kognitif biologi dengan menggunakan instrumen penilaian yang telah dikembangkan sebelumnya. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik menggunakan uji anakova untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dengan menyesuaikan variabel kovariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan keterampilan membaca pemahaman teks ilmiah biologi yang dibelajarkan menggunakan model inkuiri sains berbantuan mind mapping dan yang dibelajarkan menggunakan model konfirmatori pada siswa SMAN 1 Bungkal (p 945 ) dengan kovariat berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman teks ilmiah biologi (2) terdapat perbedaan keterampilan menulis ilmiah biologi yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri sains berbantuan mind mapping dan yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konfirmatori pada siswa SMAN 1 Bungkal (p 945 ) dengan kovariat berpengaruh terhadap keterampilan menulis ilmiah biologi dan (3) terdapat perbedaan hasil belajar biologi yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri sains berbantuan mind mapping dan yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konfirmatori pada siswa SMAN 1 Bungkal (p 945 ) dengan kovariat berpengaruh terhadap hasil belajar biologi. Berdasarkan hasil dan simpulan penelitian dapat disarankan bahwa (1) perlu dilakukan penelitian model inkuiri sains berbantuan mind mapping dengan menggunakan jumlah sampel yang lebih banyak dan dengan menggunakan instrumen penelitian yang lebih lengkap (2) mind mapping dapat diintegrasikan dalam sintaks model inkuiri sains dan pelaksanaannya di luar jam pelajaran sehingga tidak banyak menghabiskan waktu dan (3) guru biologi yang akan menerapkan model inkuiri sains berbantuan mind mapping perlu memberikan bimbingan dengan menyampaikan poin penting yang harus ditulis siswa dalam mind map dan laporan praktikum/pengamatan serta menyampaikan rubrik penilaian laporan praktikum/pengamatan sehingga siswa dapat menyelesaikan tugasnya tepat waktu.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Apr 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60683 |
Actions (login required)
View Item |