Pengaruh pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran IPA berbasis lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap keterampilan berpikir kritis, sikap pada lingkungan hidup dan keterampilan kerja ilmiah siswa kelas XI SMKN 2 Batu / Nur Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran IPA berbasis lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap keterampilan berpikir kritis, sikap pada lingkungan hidup dan keterampilan kerja ilmiah siswa kelas XI SMKN 2 Batu / Nur Susanti

Susanti, Nur (2017) Pengaruh pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran IPA berbasis lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap keterampilan berpikir kritis, sikap pada lingkungan hidup dan keterampilan kerja ilmiah siswa kelas XI SMKN 2 Batu / Nur Susanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Susanti. Nur. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPA Berbasis Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Sikap Pada Lingkungan Hidup Dan Keterampilan Kerja Ilmiah Siswa Kelas XI SMKN 2 Batu. Tesis. ProgramStudi PendidikanBiologi Pascasarjana UniversitasNegeriMalang. Pembimbing (I) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd. (II)Dr. Hj. Dahlia M.S Kata kunci Problem Based Learning Keterampilan Berpikir Kritis Sikap Keterampilan Kerja Ilmiah. Berpikir kritis adalah salah satu keterampilan penting bagi siswa yang dibutuhkan pada proses pembelajaran. Keterampilan berpikir kritis meliputi menentukan keterkaitan sesuatu berpikir dan bekerja dalam pemecahan masalah pencarian solusi dan pengelolaan proyek. Berdasarkan Hasil Observasi yang telah dilakukan pada bulan Agustus 2016 di SMKN 2 Batu menunjukkan bahwa siswa belum terbiasa untuk menghadapi dan memecahkan masalah berkaitan dengan materi pembelajaran hal ini ditunjukkan anatara lain (1) rendahnya keterampilan untuk mengidentifikasi masalah (30%) (2) rendahnya keterampilan untuk mengintegrasikan jawaban pernyataan dalam topik pembelajaran (28%) (3) kurang fokus dalam memberikan konsep ide serta pendapat (34%) (4) minimnya keterampilan menalar untuk memberikan contoh serta penjelasan pendukung (47%). Berpikir kritis merupakan acuan pada semua tingkatan pendidikan dan profesional dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis lingkungan sekolah terhadap keterampilan berpikir kritis siswa sikap pada lingkungan hidup dan keterampilan kerja ilmiah. Desain penelitian yang digunakan adalah rancangan eksperimen semu (Quasy Eksperiment) dengan sampel penelitian siswa kelas XI Agribisnis Hasil Pertanian (AHP) dan siswa kelas XI Agribisnis Produksi Tanaman (APT). Perbedaan keterampilan berpikir kritis dan sikap lingkungan hidup pada kedua kelas dianalisis menggunakan uji Anacova sedangkan perbedaan keterampilan kerja ilmiah siswa dianalisa menggunakan uji Anava. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran PBL terhadap keterampilan berpikir kritis sikap pada lingkungan hidup dan keterampilan kerja ilmiah siswa. Pada kelas eksperimen peningkatan nilai rerata keterampilan berpikir kritis sebesar 45 262% lebih tinggi dibandingkan rerata keterampilan berpikir kritis kelas kontrol sebesar 26 493%. Sikap pada lingkungan hidup kelas eksperimen mengalami peningkatan rerata sebesar 10 043% lebih tinggi dibandingkan dengan nilai peningkatan pada kelas kontrol sebesar 2 788%. Skor rerata keterampilan kerja ilmiah siswa pada kelas eksperimen 79 2264 lebih tinggi dibandingkan skor pada kelas kontrol 74 7609. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran PBL berbasis lingkungan sekolah dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis sikap pada lingkungan hidup dan keterampilan kerja ilmiah siswa SMK. Model pembelajaran PBL berbasis lingkungan sekolah akan lebih baik bila dibuatkan modul pendamping baik bagi guru maupun siswa sehingga siswa dapat belajar lebih mandiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60682

Actions (login required)

View Item View Item