Pengembangan atlas keanekaragaman mangrove Pancer Cengkrong Watulimo Trenggalek pada materi ekosistem sebagai buku ajar siswa kelas X SMAN 1 Durenan / Atok Masofyan Hadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan atlas keanekaragaman mangrove Pancer Cengkrong Watulimo Trenggalek pada materi ekosistem sebagai buku ajar siswa kelas X SMAN 1 Durenan / Atok Masofyan Hadi

Hadi, Atok Masofyan (2017) Pengembangan atlas keanekaragaman mangrove Pancer Cengkrong Watulimo Trenggalek pada materi ekosistem sebagai buku ajar siswa kelas X SMAN 1 Durenan / Atok Masofyan Hadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hadi. Atok Masofyan. 2016. Pengembangan Atlas Keanekaragaman Mangrove PancerCengkrongWatulimoTrenggalekJawaTimurPadaMateriEkosistemSebagaiBukuAjar SiswaKelas X SMAN 1 Durenan.Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati Al-Muhdar M.S (II) Prof. Dr. Ir. Suhadi M.S. Kata kunci Mangrove Atlas HasilBelajar Biologimerupakansalahsatu pelajaran yang diberikan pada jenjang SMA di jurusan IPA.Materipembelajarandalambiologiberkaitaneratdenganlingkunganalamdankehidupansehari-hari.Salah satumateri yang dipelajarisiswa SMA dalampembelajaranbiologiadalahmaterikeanekaragamanhayati yang tercakupdalam KD 3.7 dan 4.2.Berdasarkanhasilobservasi di kelas X SMAN 1 Durenansiswadituntutuntukmemahamibahwakenakeragamanhayati di Indonesia tinggidandimintauntukmelestarikannya.Faktanya siswamasihkesulitandalammemahamidanmenerapkankonsepdalammateriKeanekaragamanHayati.Selainituberdasarkanobservasidiperolehpembelajaranmasihdidominasi guru pembelajaranmenggunakanbukufulltexts dankecenderungansiswamengerjakan LKS akibatnyahasilbelajarsiswajugamasihrendah.Bahkan hinggasaatinibelumadasumberbelajar yang memfasilitasisiswadalammempelajarimaterikeanekaragamanhayatisecarakontekstual.Olehkarenaitu perludikembangakansumberbelajar yang mendukungpembelajarankontekstual.Salah satupotensidaerah yang dapatdigunakanuntukpembelajarankontekstualadalahekosistem mangrove di pancercengkrongTrenggalek.Berdasarkanpermasalahantersebut perludikembangkansuatubuku yang memfasilitasisiswauntukmengetahuipotensilokaldaerahdenganmengembangkanbuku ajar berupa Atlas. Tujuanpenelitianadalah (1) menghasilkanprodukberupa atlas keanekaragaman mangrove PancerCengkrongWatulimotrenggalek (2) mengetahuipengaruhstrategipembelajarankooperatifberbantuan atlas terhadaphasilbelajarsiswakelas X SMAN 1 Durenan (3) MengidentifikasiJenistumbuhan mangrove berdasarkancirikarakteristikmorfologidananatomi di kawasanPancerCengkrongWatulimoTrenggalek.Jenispenelitianiniadalahpenelitianpengembangan.Model pengembangan yang digunakanadalah 4D olehThiagarajan namundibatasisampaitahapdisseminate. Metode yang digunakandalampengambilansampelmenggunakandeskriptifeksploratif.Analisis data secarakualitatifdankuantitatif Hasil penelitian deskriptif eksploratif yang dilakukan menemukan 17 jenis tumbuhan mangrove dari 7 suku. Hasil validasi terkait dengan produk menyatakan bahwa dari ahli media dan bahan ajar memperoleh persentase sebesar 93 7% validasi dari ahli materi memperoleh persentase 90 9% validasi dari praktisi lapangan memperoleh persentase 92% dan hasil uji kelompok kecil terhadap 21 siswa memperoleh persentase 91 3%. Pada uji coba kelompok besar menyatakan bahwa hasil yang diperoleh pembelajaran yang diterapkan konsisten. Hasil belajar kognitif siswamengalamipeningkatan dilihat dari nilai pre test dan post test.Atlas tumbuhan mangrove menjawab kesulitan siswa dalam membantu proses identifikasi tumbuhan mangrove dengan perbaruan gambar secara kontekstual.Dengan demikian produk yang dikembangkan valid dan layak digunakan sebagai buku ajar dalam materi Keanekaragaman Hayati.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60679

Actions (login required)

View Item View Item