Fajarwati, Santi Kusuma (2017) Pengaruh project based learning berbantuan multimedia terhadap keterampilan memecahkan masalah dan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Kabupaten Malang / Santi Kusuma Fajarwati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fajarwati Santi Kusuma. 2016. Pengaruh Project Based Learning Berbantuan Multimedia Interaktif terhadap Keterampilan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar BiologiSiswa Kelas XI Kabupaten Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dra. Herawati Susilo M. Sc. Ph. D. (II) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati M.Pd. Kata kunci Project Based Learning keterampilan memecahkan masalah hasil belajar Pendidikan Indonesia mengalami perubahan kurikulum dari KTSP menjadi Kurikulum 2013 yang berdampak pada proses pembelajaran di kelas. Model pembelajaran yang digunakan pada Kurikulum 2013 adalah Project Based Learning (PjBL) yang memberikan kesempatan kepada siswa memperdalam materi pembelajaran media pembelajaran yang digunakan berupa multimedia pembelajaran sedangkan penilaian dalam Kurikulum 2013 meliputi berbagai aspek salah satunya adalah keterampilan memecahkan masalah. Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di SMAN 1 Singosari diperoleh hasil bahwa model pembelajaran yang dilakukan adalah ceramah diskusi dan presentasi. Media pembelajaran yang digunakan adalah media pembelajaran satu arah sedangkan penilaian lebih banyak menilai kemampuan kognitif siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah PjBL yang merupakan salah satu model pembelajaran Kurikulum 2013 dapat meningkatkan keterampilan memecahkan masalah dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan diketahui bahwa keterampilan memecahkan masalah siswa mengalami peningkatan sebesar 15 17% pada kelas kontrol sedangkan peningkatan sebesar 31 27% pada kelas eksperimen. hasil belajar kognitif mengalami peningkatan sebesar 27 93% pada kelas kontrol sedangkan pada kelas eksperimen terjadi peningkatan sebesar 39 29%. Hasil belajar afektif siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan dengan peningkatan sebesar 8 28% pada kelas kontrol sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 28 87%. Hasil belajar psikomotor mengalami peningkatan sebesar 3 17% pada kelas kontrol dan peningkatan sebesar 13 29% pada kelas eksperimen. Langkah pembelajaranPjBL mampu mengajak siswa untuk lebih mendalami materi pembelajaran melalui permasalahan yang diberikan guru sehingga hasil belajar kognitif siswa dan keterampilan memecahkan masalah siswa dapat meningkat. Pemahaman materi yang lebih mendalam menyebakan kemampuan siswa dalam menanggapi permasalahan yang terjadi di sekitarnya mengalami peningkatan dengan demikian kemampuan afektif siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Selain itu dalam langkah PjBL siswa diajak untuk menggunakan kemampuan gerak tubuhnya sehingga keterampilan psikomotor siswa yang berhubungan dengan materi pembelajaran juga dapat diasah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60678 |
Actions (login required)
View Item |