Pengaruh model pembelajaran inkuiri sains berbantuan Know-Want-Learn (KWL) terhadap keterampilan membaca pemahaman teks ilmiah, keterampilan menulis ilmiah, dan hasil belajar biologi siswa kelas XI MIA SMA Negeri 2 Probolinggo / Nanik Nurlaela - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran inkuiri sains berbantuan Know-Want-Learn (KWL) terhadap keterampilan membaca pemahaman teks ilmiah, keterampilan menulis ilmiah, dan hasil belajar biologi siswa kelas XI MIA SMA Negeri 2 Probolinggo / Nanik Nurlaela

Nurlaela, Nanik (2017) Pengaruh model pembelajaran inkuiri sains berbantuan Know-Want-Learn (KWL) terhadap keterampilan membaca pemahaman teks ilmiah, keterampilan menulis ilmiah, dan hasil belajar biologi siswa kelas XI MIA SMA Negeri 2 Probolinggo / Nanik Nurlaela. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurlaela Nanik. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Sains Berbantuan Know-Want-Learn (KWL) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Ilmiah Keterampilan Menulis Ilmiah dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 2 Probolinggo. Tesis. Jurusan Pendidikan Biologi. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hadi Suwono M.Si. (II) Dr. Sueb M.Kes. Kata kunci inkuiri sains berbantuan KWL membaca pemahaman teks ilmiah menulis ilmiah hasil belajar biologi Keterampilan memahami teks ilmiah dan menulis ilmiah bukanlah hal yang mudah bagi siswa. Teks ilmiah ditandai dengan kepadatan kosa kata yang tinggi sehingga dibutuhkan strategi untuk memahaminya salah satunya dengan know-want-learn (KWL). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) perbedaan keterampilan membaca pemahaman teks ilmiah biologi 2) perbedaan keterampilan menulis ilmiah biologi dan 3) perbedaan hasil belajar biologi siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri sains berbantuan KWL dan siswa yang diajar menggunakan model konfirmatori setelah dilakukan penyesuaian terhadap keterampilan membaca pemahaman teks ilmiah keterampilan menulis ilmiah dan hasil belajar biologi awal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy experimental design) dengan rancangan penelitian nonrandomized control group pretest posttest design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Kelas eksperimen diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri sains berbantuan KWL sedangkan kelas kontrol diajar menggunakan model pembelajaran konfirmatori. Data hasil penelitian berupa nilai pretes dan postes keterampilan membaca pemahaman teks ilmiah biologi keterampilan menulis ilmiah biologi dan hasil belajar kognitif biologi. Analisis data menggunakan anakova dan Quade s rank analysis of covariance. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan membaca pemahaman teks ilmiah biologi memiliki nilai p 0 01 945 ( 945 0 05). Artinya ada perbedaan keterampilan membaca pemahaman teks ilmiah biologi siswa yang diajar menggunakan inkuiri sains berbantuan KWL dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konfirmatori. Hasil penelitian keterampilan menulis ilmiah menunjukkan bahwa Fhitung 10 176 dengan nilai p 0 002 945 ( 945 0 05). Artinya ada perbedaan keterampilan menulis ilmiah biologi siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri sains berbantuan KWL dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konfirmatori dengan variabel kovariat berpengaruh terhadap keterampilan menulis ilmiah biologi. Hasil penelitian hasil belajar kognitif biologi menunjukkan bahwa Fhitung 70 501 dengan nilai p 0 000 945 ( 945 0 05). Artinya ada perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang diajar menggunakan model inkuiri sains berbantuan KWL dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konfirmatori dengan kovariat berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif biologi. Simpulan penelitian ini yaitu (1) ada perbedaan keterampilan membaca pemahaman teks ilmiah biologi siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri sains berbantuan KWL dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konfirmatori setelah dilakukan penyesuaian terhadap keterampilan membaca pemahaman teks ilmiah biologi awal. Keterampilan membaca pemahaman teks ilmiah biologi siswa yang diajar menggunakan model inkuiri sains berbantuan KWL secara signifikan lebih tinggi dari siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konfirmatori (2) ada perbedaan keterampilan menulis ilmiah biologi siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri sains berbantuan KWL dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konfirmatori setelah dilakukan penyesuaian terhadap keterampilan menulis ilmiah biologi awal dengan variabel kovariat keterampilan menulis ilmiah awal berpengaruh terhadap keterampilan menulis ilmiah akhir siswa. Keterampilan menulis ilmiah biologi siswa yang diajar menggunakan model inkuiri sains berbantuan KWL secara signifikan lebih tinggi dari siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konfirmatori (3) ada perbedaan hasil belajar kognitif biologi siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri sains berbantuan KWL dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konfirmatori setelah dilakukan penyesuaian terhadap hasil belajar kognitif biologi awal dengan variabel kovariat hasil belajar kognitif biologi awal berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif biologi akhir siswa. Hasil belajar kognitif biologi siswa yang diajar menggunakan model inkuiri sains berbantuan KWL secara signifikan lebih tinggi dari siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konfirmatori.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60677

Actions (login required)

View Item View Item