Hubungan keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis dengan retensi siswa SMA pada pembelajaran biologi berbasis Problem Based Learning (PBL) di Kota Malang / Khofifatu Nurisya - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis dengan retensi siswa SMA pada pembelajaran biologi berbasis Problem Based Learning (PBL) di Kota Malang / Khofifatu Nurisya

Nurisya, Khofifatu (2017) Hubungan keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis dengan retensi siswa SMA pada pembelajaran biologi berbasis Problem Based Learning (PBL) di Kota Malang / Khofifatu Nurisya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurisya Khofifatu. 2016. Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Retensi Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi Berbasis Problem Based Learning (PBL). Tesis Pendidikan Biologi PPS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. A.D. Corebima M.Pd (2) Dr. Fatchur Rohman M.Si. Kata Kunci Keterampilan Metakognitif Kemampuan Berpikir Kritis Retensi Retensi merupakan salah satu indikator penting dalam pembelajaran. Terdapat berbagai faktor yang dapat mempengaruhi tingkat retensi siswa di antaranya adalah keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan besarnya sumbangan yang diberikan keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis secara bersama-sama terhadap retensi pada pembelajaran Biologi berbasis PBL. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA di wilayah Kota Malang semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI MIA 1 SMAN 7 Malang yang terdiri atas 32 siswa dan siswa kelas 6. F3 SMAN 9 Malang yang terdiri atas 29 siswa. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis dengan retensi. Kemampuan berpikir kritis memberikan sumbangan lebih besar terhadap retensi dibandingkan dengan keterampilan metakognitif. Keterampilan metakognitif memberikan sumbangan relatif sebesar 13 5 % dan sumbangan efektif sebesar 2 25 % terhadap retensi. Kemampuan berpikir kritis memberi sumbangan relatif sebesar 86 5 % dan sumbangan efektif sebesar 14 45 % terhadap retensi pada pembelajaran Biologi berbasis PBL.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60673

Actions (login required)

View Item View Item