Pengaruh pembelajaran reciprocal teaching berbantuan peta konsep terhadap kemampuan berpikir kritis dan miskonsepsi peserta didik pada pembelajaran biologi kelas X SMK Negeri 1 Grujugan Bondowoso / Hera Adiwijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran reciprocal teaching berbantuan peta konsep terhadap kemampuan berpikir kritis dan miskonsepsi peserta didik pada pembelajaran biologi kelas X SMK Negeri 1 Grujugan Bondowoso / Hera Adiwijaya

Adiwijaya, Hera (2017) Pengaruh pembelajaran reciprocal teaching berbantuan peta konsep terhadap kemampuan berpikir kritis dan miskonsepsi peserta didik pada pembelajaran biologi kelas X SMK Negeri 1 Grujugan Bondowoso / Hera Adiwijaya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adiwijaya Hera. 2016. Pengaruh Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Peta Konsep Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Miskonsepsi Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMK Negeri 1 Grujugan Bondowoso. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Endang Suarsini M.Ked. (II) Dr. Betty Lukiati M.S. Kata Kunci pembelajaran reciprocal teaching peta konsep kemampuan berpikir kritis miskonsepsi metabolisme Salah satu tujuan pembelajaran biologi adalah mengembangkan kemampuan berpikir kritis kreatif dan mandiri menggunakan konsep dan prinsip biologi. Pembelajaran biologi dalam pelaksanaannya di sekolah masih sering bersifat teacher centered hal ini menyebabkan peserta didik kurang aktif menggali informasi materi tidak mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya dan dapat menyebabkan terjadinya miskonsepsi. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan mengurangi miskonsepsi adalah mengubah strategi pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pembelajaran reciprocal teaching berbantuan peta konsep terhadap kemampuan berpikir kritis dan miskonsepsi peserta didik pada pembelajaran biologi kelas X SMK tentang metabolisme. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu dengan subyek penelitian peserta didik kelas X TPHP (sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran reciprocal teaching berbantuan peta konsep) dan peserta didik kelas X TPHPi (sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional) SMK Negeri 1 Grujugan Tahun Pelajaran 2016 2017. Penelitian dilakukan pada bulan Februari sampai bulan Oktober 2016. Data hasil penelitian berupa skor kemampuan berpikir kritis dan jumlah miskonsepsi peserta didik dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan statistik parametrik untuk menguji hipotesis penelitian dengan uji Anacova pada taraf signifikansi 0 05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran reciprocal teaching berbantuan peta konsep terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas eksperimen (rata-rata persentase 73 36) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (rata-rata persentase 53 20). Penerapan pembelajaran reciprocal teaching berbantuan peta konsep dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran biologi. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran reciprocal teaching berbantuan peta konsep terhadap miskonsepsi peserta didik pada kelas eksperimen (rata-rata persentase 37 14) lebih rendah dibandingkan kelas kontrol (rata-rata persentase 49 30). Penerapan pembelajaran reciprocal teaching berbantuan peta konsep dapat mengurangi miskonsepsi peserta didik pada pembelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60671

Actions (login required)

View Item View Item