Thalib, Murni (2017) Pengaruh strategi pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) dipadu Student Team Achievement Division (STAD) pada kemampuan akademik berbeda terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif pada pembelajaran biologi SMA di Kota Ternate / Murni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Thalib Murni 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) dipadu Student Team Achievement Division (STAD) pada Kemampuan Akademik Berbeda Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dn Hasil Belajar Kognitif pada Pembelajaran Biologi SMA Kelas X di Kota Ternate. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof .Dr A.Duran Corebima M.Pd (2) Dr. Abdul Gofur M.Si Kata Kunci RQA STAD Kemampuan Akademik Keterampilan Berpikir kritis Hasil Belajar Kognitif Hasil observasi di lapangan menunjukan pembelajaran disekolah negeri maupun swasta utamanya pada pelajaran Biologi masih berorintasi theacher centered sehingga pemberdayaan keterampilan berpikir kritis belum terlaksana secara optimal yang berdampak pada buruknya kemampuan kognitif siswa dan hasil belajar. Selain itu juga pembelajaran belum mampu memberdayakan kemampuan akademik siswa secara merata sehingga fakta yang terlihat belum mengarah pada pengembangan potensi siswa padahal faktor tersebut berkaitan dengan kualitas dan keberhasilan dalam belajar. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menerapakan strategi pembelajaran yang inovatif berbasis konstruktif agar dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar kognitif. Strategi tersebut adalah strategi RQA Reading Questioning Answering (RQA) dan Student Team Achievement Divisison (STAD). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran RQA dan STAD dan perpaduan keduanya (RQA dan STAD) pada kemampuan akademik berbeda terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar serta pengaruh interaksi gabungan strategi pembelajaran (RQA dan STAD) pada pembelajaran Biologi SMA di Kota Ternate. Hasil penelitian menunjukan 1) Ada pengaruh strategi pembelajaran RQA dipadu STAD terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa 2) Tidak terdapat perbedaan yang signifikansi antara keterampilan berpikir kritis siswa yang memiliki kemampuan akademik atas dengan siswa akademik bawah. 3) Terdapat perbedaan yang signifikansi anatara hasil belajar kognitif siswa berkemampuan akademik tinggi dengan siswa berkemampuan akademik rendah. 4) Berdasarkan hasil uji anacova diperoleh pengaruh interaksi strategi pembelajaran dengan kemampuan akademik terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif didapatkan nilai dengan signifikansi adalah 0.553. Nilai signifikansi ini lebih besar dari nilai alpha 0 05 artinya bahwa interaksi strategi pembelajaran dengan kemampuan akademik tidak berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis. 5) Hasil analisis data pengaruh interaksi strategi pembelajaran dengan kemampuan akademik siswa terhadap hasil belajar kognitif siswa di dapatkan nilai signifikansi adalah 0 661. Nilai signifikansi ini lebih besar dari nilai alpha 0 05 artinya bahwa interaksi strategi pembelajaran dengan kemampuan akademik tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60670 |
Actions (login required)
View Item |