Peningkatan hasil belajar operasi hitung campuran bilangan bulat melalui media garis bilangan bagi siswa kelas IV SDN Sumberejo I Sidoarjo / Ismi Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar operasi hitung campuran bilangan bulat melalui media garis bilangan bagi siswa kelas IV SDN Sumberejo I Sidoarjo / Ismi Lestari

Lestari, Ismi (2015) Peningkatan hasil belajar operasi hitung campuran bilangan bulat melalui media garis bilangan bagi siswa kelas IV SDN Sumberejo I Sidoarjo / Ismi Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari Ismi. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Melalui Media Garis Bilangan Bagi Siswa Kelas IV SDN Sumberejo I Sidoarjo. Skripsi Jurusan KSDP FIP Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Harmini S.Pd M.Pd (II) Dra. Hj. Endang Setyo Winarni M.Pd. Kata kunci Media garis bilangan bilangan bulat operasi hitung campuran SD. Media garis bilangan merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung campuran. Untuk mengetahui keberhasilan siswa dilakukan suatu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada operasi hitung campuran bilangan bulat melalui media garis bilangan dan diharapkan dapat digunakan khusunya pada pembelajaran Matematika di sekolah. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif. Analisis yang digunakan yaitu observasi aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa yang dilakukan dalam beberapa siklus. Siklus berhenti apabila pencapaian ketuntatasan sesuai yang diharapkan. Penelitian ini dilakukan di SDN Sumberejo I yang beralamatkan di Desa Sumberejo Kecamatan Wonoayu Kota Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan pada kelas IV tanggal 30 Maret sampai 24 April 2015. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan belajar dari siklus I dan siklus II yaitu dengan ketuntasan klasikal 100% meskipun ada beberapa siswa yang memperoleh nilai masih 70 atau pada batas minimal KKM dan aktivitas belajar siswa mencapai 84%. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar dapat dilakukan penelitian lebih lanjut dan dikembangkan dikemudian hari sehingga menjadi seorang guru profesional misalnya pada operasi hitung campuran bilangan bulat dilakukan media garis bilangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6067

Actions (login required)

View Item View Item