Widodo, Sarah Widya Fauziah (2017) Pengaruh strategi pembelajaran biologi cooperative script dan reading-concept map-cooperative script (REMAP-CS) terhadap keterampilan metakognitif, motivasi belajar, dan retensi siswa kelas X SMA di Kota Malang / Sarah Widya Fauziah Widodo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Widodo Sarah Widya Fauziah. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Biologi Cooperative Script dan Reading-Concept Map-Cooperative Script (Remap-CS) terhadap KeterampilanMetakognitif Motivasi Belajar dan RetensiSiswa Kelas X SMA di Kota Malang.Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Prof.Dr. A. Duran Corebima M.Pd. (II) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd. Kata kunci cooperative script remap-cooperative Script keterampilan metakognitif motivasi belajar retensi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategipembelajaran Cooperative Script dan Remap-Cooperative Script terhadap keterampilan metakognitif motivasi belajar dan retensi siswa kelas X SMA di Kota Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimendenganpretest-posttest non-equivalen control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran Cooperative Script dan Remap-Cooperative Script sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah keterampilan metakognitif motivasi belajar dan retensi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA di Kota Malang yang menempuh ajaran semester genap tahun ajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian adalah Siswa kelas X SMA Katolik Frateran Malang yang terdiri dari 47 siswa dan SMA Muhammadiyah 1 Malang yang terdiri dari 19 siswa. Keterampilan metakognitif diukur dengan menggunakan rubrik keterampilan metakognitif motivasi belajar diukur menggunakan angket motivasi dan retensi diukur menggunakan rubrik hasil belajar kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif siswa dan retensi siswa namun tidak berpengaruh pada motivasi siswa. Nilai rerata terkoreksi pada strategi pembelajaran Remap-Cooperative Scriptpaling besar dalam meningkatkan keterampilan metakognitif siswa sebesar 110 37% jika dibandingkan dengan strategi pembelajaran konvesional pencapaian keterampilan metakognitif kelas konvensional secara signifikan lebih rendah dari kelas Coperative Script dan Remap-Coperative Script sedangkan kelas Coperative Script danRemap-Coperative Script tidak berbeda signifikan. Pada retensi nilai rerata terkoreksi pada strategi pembelajaran Remap-Cooperative Script paling besar dalam meningkatkan retensi hasil belajar kognitif siswa sebesar 22 08% jika dibandingkan dengan strategi pembelajaran Cooperative Script dan strategi pembelajaran konvesional pencapaian retensi hasil belajar kognitif kelas konvensional dan Cooperative Script tidak berbeda signifikan sedangkan kelas Remap-Cooperative Script secara signifikan lebih tinggi dari kedua kelas lain. Atas dasar hasil penelitian disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk meneliti mengenai pengaruh antara keterampilan metakognitif motivasi belajar dan retensimenggunakan strategi pembelajaran yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60669 |
Actions (login required)
View Item |