Ibnu, Maulana (2017) Pengaruh strategi pembelajaran PBL dan TPS terhadap keterampilan metakognitif, keterampilan berpikir kritis, sikap sosial, hasil belajar biologi dan retensi pada siswa dari etnis yang berbeda di Kota Metro / Ibnu Maulana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Maulana Ibnu. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran PBL dan TPS Terhadap Keterampilan Metakognitif Keterampilan Berfikir Kritis Sikap Sosial Hasil Belajar Biologi dan Retensi pada Siswa dari Etnis yang Berbeda di Kota Metro.Tesis.JurusanPendidikanBiologi Program PascasarjanaUniversitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. A.D. Corebima M.Pd. (II) Dr. Ibrohim M.Si. Kata Kunci pbl tps keterampilan metakognitif keterampilan berfikir kritis sikap sosial hasil belajar biologi retensi etnis. Perkembanganzamanmengharuskanduniapendidikansebagaiujungtombakkemajuanbangsamampumembekalisiswauntukdapatmenguasaiaspek-aspek yang dibutuhkandalammenghadapitantanganabad 21.Pembelajaranharusmemfasilitasisiswauntukdapatmengaksestigaaspekpenting yang meliputiaspekkognitif afektifdanpsikomotor termasukdidalamnyaketerampilanmetakognisi keterampilanberpikirkritis sikapsosialsiswa hasilbelajardanretensisiswa.Hasilobservasimenunjukanbahwapara guru di berbagaisekolahnegeridanswasta di Kota Metro sebagiantelahmelakukanpembelajaran yang berpusatpadasiswa (studdentcentered).Fakta di lapanganbelummengarahkepadapemberdayaanketerampilanmetakognisi keterampilanberpikirkritis sikapsosial danretensisiswa padahalhal-haltersebuttidakhanyaberpengaruh namunmemilikiketerkaitanterhadapkualitasbelajar.PermasalahantersebutdapatdiatasidenganpenerapanstrategipembelajaranProblem Based Learning (PBL)danThink Pair Share (TPS) merupakanstrategi yang mampumemberdayakanketerampilanmetakognitif keterampilanberpikirkritis sikapsosial hasilbelajardanretensisiswa.Tujuan penelitian ini adalahuntukmengetahuipengaruhpenerapanstrategipembelajaranPBLdanTPSdangabungankeduanya (PBLdanTPS) terhadappeningkatanketerampilanmetakognitif keterampilanberpikirkritis sikapsosial hasilbelajarkognitifdanretensiBiologipadasiswadenganetnis yang berbeda di SMA Kota Metro. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan pretest posttest non equivalent group design. Strategi yang diterapkanyaituPBLdanTPSsertaetnismerupakanVariabel bebas.Variabelterikatnyaadalahketerampilanmetakognitif keterampilanberpikirkritis sikapsosial hasilbelajarkognitifdanretensiBiologi.Populasidalampenelitianiniadalahbeberapasiswakelas X MIA SMA Negeri 3 Metro.SampeldalamPenelitianinisebanyakempatkelas.Setiap model pembelajarandiwakiliolehsatukelas.Kelas X MIA 2 sebagaikelaseksperimenPBLdanTPS Kelas X MIA 3 sebagaikelaseksperimenPBL kelas X MIA 5sebagaikelaseksperimenTPS dankelas X MIA 4sebagaikelaskontrol (konvensional) SMA Negeri 3 Metro.Jumlahsiswamasing-masingkelasX MIA 2 dan 3 berjumlah 27 siswa sedangkan X MIA 4 dan 5 adalah 29 dan 23 siswa.Data diambil pada saat pretes posttestdantesretensi. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Uji hipotesis menggunakan anakova dengan taraf signifikansi 0 05 (P 0 05)menggunakan data skorpretes posttes danretensi.Sebelum uji hipotesis dilakukan uji normalitas data dengan uji One-Sample Kolmogorov-Smirnovdan uji homogenitas data dengan Levene Tesof Equality of Error Variances. Hasil penelitian menunjukkanbahwa 1) Strategi pembelajaran PBL dan TPS serta perpaduanPBL TPS berpengaruh terhadap keterampilan metakognitifsiswa. Namun tidak ditemukan pengaruh etnis terhadap pencapaian keterampilan metakognitif siswa. Disisilainjuga tidak ditemukan pengaruh terkaitinteraksi strategidan etnis terhadap keterampilan metakognitif siswa. 2) Strategi pembelajaran PBL dan TPS serta perpaduanPBL TPSberpengaruh tehadap pencapaian keterampilan berpikir kritis siswa.Namun tidakditemukan pengaruh etnis terhadap pencapaian keterampilan berpikir kritis siswa.Akan tetapiditemukan pengaruh terkaitinteraksi strategi dan etnis terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. 3) Strategi pembelajaran PBL dan TPS serta perpaduanPBL TPSberpengaruh tehadap pencapaian sikap sosial siswa. Namun tidak ditemukan pengaruh etnis terhadap pencapain sikap sosial siswa.Disisilainjugatidak ditemukanpengaruh terkaitinteraksi strategi dan etnis terhadap sikap sosial siswa. 4) Strategi pembelajaran PBL dan TPS serta perpaduan PBL TPSberpengaruh tehadap pencapaian hasil belajar kognitif siswa. Namun tidak ditemukan pengaruh etnis terhadap pencapaian hasil belajar kognitif siswa.Disisi lainjuga tidak ditemukan pengaruh terkaitinteraksi strategi dan etnis terhadap hasil belajar kognitif siswa. 5) Strategi pembelajaran PBL dan TPS serta perpaduan PBL TPSberpengaruh tehadap retensi siswa. Namun tidak ditemukan pengaruh etnis terhadap pencapain retensi siswa.Akan tetapiditemukan pengaruh terkaitinteraksi strategidan etnis terhadap retensi siswa. 6) Strategi pembelajaran PBL dan TPS serta perpaduan PBL TPS sama-sama berpotensi dalam meningkatkan keterampilanmetakognitif keterampilanberpikirkritis sikapsosial hasilbelajarkognitifbiologidanretensi siswa terkait kerukunan antaretnis. 7) Etnis dalam hal ini tidak memberikan pengaruh terhadap keterampilanmetakognitif keterampilanberpikirkritis sikapsosial hasilbelajarkognitifbiologidanretensi siswa. 8) Perpaduan strategi pembelajaran PBL dan TPS serta perpaduan PBL TPS merupakan strategi yang terbaik untuk semua etnis dalam meningkatkan keterampilanmetakognitif keterampilanberpikirkritis sikapsosial hasilbelajarkognitifbiologidanretensi siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60668 |
Actions (login required)
View Item |