Maghfiroh, Dwida (2017) Pengembangan pembelajaran pengelolaan lingkungan berbasis proyek dengan sumber belajar TPA Supit Urang Malang untuk mengembangkan sikap peduli lingkungan, pengetahuan dan keterampilan siswa kelas X SMAN 5 Malang / Dwida Maghfiroh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Maghfiroh Dwida. 2016. Pengembangan Pembelajaran Pengelolaan Lingkungan Berbasis Proyek dengan Sumber Belajar TPA Supit Urang Malang untuk Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan Pengetahuan dan Keterampilan Siswa Kelas X SMAN 5 Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D. (II) Dr. Ibrohim M.Si. Kata Kunci Pengembangan pembelajaran pengelolaan lingkungan proyek TPA Supit Urang Hasil observasi kegiatan pembelajaran di SMAN 5 Malang khususnya materi pengelolaan lingkungan diketahui belum menggunakan sebuah perencanaan pembelajaran yang sesuai dengankarakteristik materi. Kegiatan pembelajaran seringkali dilakukan di dalam kelas tanpa memanfaatkan sumber belajar lingkungan disekitar sehingga belum mampu mengembangkan sikap peduli lingkungan pengetahuan dan keterampilan siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran pengelolaan lingkungan berbasis proyek dengan sumber belajar TPA Supit Urang Malang. Pengembangan pembelajaran dituangkan dalam bentuk perangkat pembelajaranyang meliputi silabus rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) handout Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dan instrumen penilaian. Model penelitian menggunakan model ADDIE yang diperkaya dengan Lesson Study(LS). Tahap uji coba produk dilakukan melalui tiga tahapan yaitu uji perseorangan uji kelompok kecil dan uji lapangan. Uji perseorangan dilakukan oleh ahli desain pembelajaran ahli materi dan ahli praktisi lapangan. Uji kelompok kecil dan uji lapangan dilakukan oleh siswa. Analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis skor penilaian dari angket berskala sehingga diketahui kriteria kevalidan kepraktisan dan keefektifan produk pengembangan. Saran dan masukan dari subjek coba digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan revisi produk pengembangan. Hasil rata-rata uji perseorangan menunjukkan kriteria sangat valid dengan rincian nilai validitas silabus RPP handout LKS dan instrumen penilaian secara berturut-turut adalah 88 07% 84 21% 85 03% 85 77% dan 85 42%. Hasil rata-rata uji kelompok kecil menunjukkan kriteria sangat praktis dengan rincian nilai validitas handout dan LKSsecara berturut-turut adalah 97 71% dan 95 53%. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dengan sumber belajar TPA Supit Urang dapat mengembangkan sikap peduli lingkungan dengan rincian 18% siswa predikat sangat baik dan 79% siswa predikat baik pengetahuan dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 81 81% dan keterampilan dengan rincian 60 61% siswa predikat sangat baik 36 36% siswa predikat baik dan 3 03% siswa predikat cukup serta rata-rata persepsi siswa terhadap pembelajaran adalah 97 50% dengan predikat sangat efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan pembelajaraan berbasis proyek dengan sumber belajar TPA Supit Urang dapat mengembangkan sikap peduli lingkungan pengetahuan dan keterampilan siswa kelas X SMAN 5 Malang serta efektif untuk diterapkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60665 |
Actions (login required)
View Item |