Fatma, Yulya (2017) Pengembangan atlas lichen di kawasan Taman Hutan Raya R. Soerjo sebagai bahan ajar di perguruan tinggi / Yulya Fatma. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fatma Yulya. 2016. Pengembangan Atlas Lichen di Kawasan Taman Hutan Raya R. SoerjosebagaiBahan Ajar di Perguruan Tinggi. Tesis. JurusanPendidikanBiologi Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. SusriyatiMahanal M. Pd. (II) Dr. MurniSapta Sari M. Si. Kata Kunci Atlas Lichen Foliose Bahan Ajar Pembelajaran yang dilaksanakandenganmemanfaatkanlingkungansebagaisumberbelajardapatmemberikanpengalamanbelajar yang bermaknabagimahasiswa. Pelaksanaanpembelajarandenganpendekatankontekstualdapatdisusundalambentukbahan ajar yang dapatmemfasilitasimahasiswadalammengkonstrukpengetahuandanpengalamanbelajarnyasendiri. Analisiskebutuhan yang dilakukantanggal 10 sampai 17 Desember 2015 melaluipenyebaranangketkepada 21 mahasiswaangkatan 2012-2013 jurusanBiologiUniversitasNegeri Malang yang telahmenempuhmatakuliahMikrobiologididapatkanhasilterkaitkendalabelajar yang dihadapidalampembelajaran. Beberapakendala yang dialamidalamkegiatanpengamatandanidentifikasi lichen yaitubahan ajar yang adabelummendukung proses pembelajaransecara optimal sertakesulitandalammemperolehbahan ajar yang memuatspesies yang ditemukan di Indonesia. Wawancara yang dilakukandengandosenpengampumatakuliahMikrobiologimenyatakanbahwamuatanmateri lichen yang harusdisampaikanbanyak sedangkanwaktu yang tersediatidakmengakomodasihaltersebut. Hal inimenyebabkanmateritidaktersampaikansecaramendalam. Di sisi lain terungkapbahwabahan ajar yang disusunberdasarkanhasilpenelitian lichen belumada. Salah satusolusiuntukmengatasikondisitersebutyaitudenganmengembangkanbahan ajar yang dapatdigunakandalampembelajaranuntukmemfasilitasikebutuhanmahasiswa. Tujuanpenelitiandanpengembanganiniadalahmengembangkanprodukberupa atlas lichen foliose yang ditemukan di kawasanTahura R. Soerjodanmendeskripsikankarakteristikmorfologidari lichen foliose. Jenispenelitian yang dilakukanadalahpenelitiandanpengembanganuntukmenghasilkanprodukberupa atlas lichen foliose di kawasanTahura R. Soerjo. Model pengembangan yang digunakanadalah model pengembangan ADDIE namundibatasisampaitahapdevelop. Hasilvalidasiproduk atlas lichen foliose oleh validator ahlimateridiperolehnilaipersentase72.83%. Hasilvalidasiproduk atlas oleh validator ahlipengembanganbahan ajar diperolehnilaipersentase 96.92%. Hasilvalidasiproduk atlas olehpraktisipendidikandiperolehnilaipersentase83.67%. Hasilujicobapendahuluandalamkelompokkecilmahasiswaangkatan 2014 jurusanBiologiUniversitasNegeri Malang diperolehnilaipersentase 88.54%. Hasilidentifikasiterhadapspesimenditemukan 24 spesies lichen foliose di kawasanTahura R. Soerjo yang terbagidalam 8 genus yaituParmotrema Parmelia Hypotrachyna Pseudocyphellaria Sticta Leptogium Heterodermia danPhyscia. Berdasarkanhaltersebutdapatdisimpulkan atlas lichen foliose yang dihasilkandapatdigunakansebagaibahan ajar dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60662 |
Actions (login required)
View Item |