Pranita, Herdina Sukma (2017) Pengembangan atlas tumbuhan paku kawasan Taman Hutan Raden Soeryo sebagai bahan ajar matakuliuah di perguruan tinggi / Herdina Sukma Pranita. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pranita Herdina Sukma.2016.Pengembangan Atlas Tumbuhan Paku Kawasan Taman Hutan Raya R. Soeryo sebagai Bahan Ajar Matakuliah di Perguruan Tinggi. Tesis Jurusan S2Pendidikan Biologi Fakultas Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd. (II) Dr. Murni Sapta Sari M.Si. Kata Kunci Atlas Tumbuhan paku Bahan Ajar Pembelajaran biologi mengacu pada empat unsur KKNI yang sesuai dnegan teori belajar konstruktivisme. Proses belajar Biologi akan lebih efektif jika mahasiswa berhubungan langsung dengan objek yang sedang dipelajari pada lingkungan sekitar. Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar memungkinkan ketercapaian mahasiswa memperoleh menemukan dan membangun pengetahuan sendiri. Pemanfaatan lingkungan sekitar dapat diintegrasikan menjadi bahan ajar yang digunakan sebagai salah satu sumber belajar. Penggunaan bahan ajar bermanfaat dalam mempelajari dan memahami materi tumbuhan paku khususnya identifikasi. Pada umumnya referensi yang digunakan dalam identifikasi disajikan dalam bentuk textbook dan tidak menghadirkan benda nyata. Hasil angket 20 mahasiswa angkatan 2013 yang telah menempuh matakuliah Keanekaragaman Tumbuhan khususnya tinjauan materi tumbuhan paku mengalami kesulitan dalam identifikasi tumbuhan paku. Kesulitan identifikasi disebabkan oleh referensi berupa narasi dan gambar belum menunjukkan spesifikasi yangjelas. Mahasiswa yang telah menempuh matakuliah Keanekaragaman Tumbuhan berharap tersedia referensi yang berisi gambar disertai keterangan singkat yang jelas untuk mempermudah mempelajari dan mengidentifikasi tumbuhan paku. Ilustrasi memainkan peran penting dalam identifikasi. Penggunaan ilustrasi atau gambar mendukung kerja taksonomi dan menghindari kesalahan identifikasi. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan produk berupa atlas keanekaragaman tumbuhan paku kawasan Hutan Raya R. Soeryo sebagai bahan ajar dan mendeskripsikan karakteristik morfologi tumbuhan paku yang ditemukan.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah 4D oleh Thiagarajan namun dibatasi sampai tahap develop. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel menggunakan deskriptif eksploratif. Analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian deskriptif eksploratif yang dilakukan menemukan 39 jenis tumbuhan paku dari 18 suku. Hasil validasi atlas tumbuhan paku berdasarkan penilaian ahli media pengembangan 99 4% ahli materi 91 8% praktisi lapangan 94% dan uji kelompok keciloleh mahasiswa 92%. Hasil validasi menunjukkan bahwa sangat valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar dalam matakuliah Keanekaragaman Tumbuhan. Atlas tumbuhan paku menjawab kesulitan mahasiswa dalam membantu proses identifikasi tumbuhan paku dengan perbaruan gambar secara kontekstual.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60661 |
Actions (login required)
View Item |