Kajian dinamika populasi ikan bilih (Mystacoleucus padangensis) di danau Singkarak sebagai bahan penyusunan handout dinamika populasi hewan pada matakuliah ekologi hewan / Finga Fitri Amanda

Amanda, Finga Fitri (2017) Kajian dinamika populasi ikan bilih (Mystacoleucus padangensis) di danau Singkarak sebagai bahan penyusunan handout dinamika populasi hewan pada matakuliah ekologi hewan / Finga Fitri Amanda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amanda, FF. 2016. Kajian Dinamika Populasi Ikan Bilih (Mystacoleucus padangensis) di Danau Singkarak Sebagai Bahan PenyusunanHandou Dinamika Populasi Hewan Pada Matakuliah Ekologi Hewan. Tesis. Pendidikan Biologi. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Abdul Gofur, M.Si, (2) Dr. Ibrohim, M.Si. Kata Kunci : Dinamika populasi, ikan bilih, handout Penelitian tentang dinamika populasi ikan bilih dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis; (1) laju pertumbuhan ikan bilih di Danau Singkarak, (2) mengetahui tingkat eksploitasi ikan bilih di Danau Singkarak, (3) mendeskripsikan pola rekruitmen ikan bilih di Danau Singkarak, (4) implikasi hasil penelitian kajian dinamika populasi ikan bilih di Danau Singkarak dalam penyusunan perangkat pembelajaran ikan endemik berbasis kearifan lokal Sumatera Barat dan(5) pengembanganhandout dinamika populasi ikan bilih di Danau Singkarak untuk matakuliah ekologi hewan. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap yaitu tahap penelitian deskriptif eksploratif mengenai kajian dinamika populasi ikan bilih di Danau Singkarak dan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran dan handout. Penelitian tahap pertama dilakukan di Danau Singkarak Sumatera Barat. Pengambilan sampel dilakukan sebanyak lima kali dengan interval satuminggu. Penelitian tahap kedua yaitu pengembangan perangkat pembelajaran dan handout dinamika populasi ikan bilih di Danau Singkarak. Model pengembangan menggunakan ADDIE. Berdasarkan hasil penelitian dengan analisis data menggunakan program softwer FISAT II didapatkan hasil (1) parameter pertumbuhan ikan bilih dengan menggunakan model von Bertalanffy diketahui yaitu L∞ sebesar 8,60 cm, K sebesar 0,670, dan t0 sebesar -0,32;(2) tingkat eksploitasi ikan bilih berada pada kondisi padat tangkap dengan nilai eksploitasi sebesar 0,54, sedangkan mortalitas alami sebesar 4,11 dan mortalitas tangkap sebesar 4,86 dapat disimpulkan bahwa mortalitas alami lebih kecil dibandingkan dengan mortalitas tangkapan; (3) pola rekruitmen ikan bilih di Danau Singkarak, memiliki puncak tertinggi pada bulan Juni sebesar 22,76%; (4) perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPS, SAP, dan instrumen penilaian sikap dan psikomotorik divalidasi oleh empat validator yaitu terdiri dari dosen ahli pembelajaran, ahli materi dan dua dosen praktisi yang mengajar ekologi hewan di STKIP PGRI Sumatera Barat. Hasil dari validasi perangkat pembelajaran berada dikualifikasi sangat baik yang artinya perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan di perguruan tinggi; (5) handoutdinamika populasi hewan yang berkonsentrasi pada ikan endemik Sumatera Barat yaitu ikan bilih divalidasi oleh empat validator dan diuji lapangan pendahuluan oleh mahasiswa STKIP PGRI Sumatera Barat dengan jumlah 12 mahasiswa. Hasil dari validasi dan uji coba lapangan pendahuluan berada dikategori sangat baik yang artinya handout yang dikembangkan layak untuk digunakan diperguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60660

Actions (login required)

View Item View Item