Pengembangan buku ajar mikrobiologi mengenai bioreduksi merkuri bagi mahasiswa Pendidikan Biologi di IAIN Mataram / Atiqa Ulfa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar mikrobiologi mengenai bioreduksi merkuri bagi mahasiswa Pendidikan Biologi di IAIN Mataram / Atiqa Ulfa

Ulfa, Atiqa (2017) Pengembangan buku ajar mikrobiologi mengenai bioreduksi merkuri bagi mahasiswa Pendidikan Biologi di IAIN Mataram / Atiqa Ulfa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ulfa Atiqa. 2016. Pengembangan Buku Ajar Mikrobiologi Mengenai Bioreduksi Merkuri Bagi Mahasiswa Pendidikan Biologi di IAIN Mataram. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Endang Suarsini M. Ked. (II) Prof. Dr. Mimien Henie Irawati M. S. Kata Kunci buku ajar mikrobiologi bioreduksi merkuri. Pembelajaran biologi efektif diajarkan secara kontekstual yang mengaitkan langsung lingkungan peserta didik di dunia nyata sehingga mempermudah guru untuk mentransfer pengetahuan dan menjadi salah satu yang menarik dalam memotivasi siswa. Prinsip pembelajaran kontekstual sangat relevan dengan paham konstruktivisme Vygotskian yang menekankan interaksi antara aspek internal dan eksternal dari pembelajar dan penekanannya pada lingkungan sosial pembelajar. Bahan ajar dapat dianggap sebagai lingkungan pembelajar yang dapat dimanfaatkan sebagai stimulasi interaksi eksternal bagi diri pembelajar. Buku ajar sebagai salah satu bahan ajar di Indonesia terkesan kaku dan kurang mengimplementasikan permasalahan atau isu kehidupan sehingga kurang memberikan motivasi bagi siswa dalam belajar. Permasalahan ini juga dialami oleh mahasiswa semester 7 jurusan pendidikan Biologi IAIN Mataram. Berdasarkan studi lapangan dan analisis kebutuhan yang peneliti lakukan dengan melakukan wawancara bersama dosen mikrobiologi dan 12 orang mahasiswa semester 7 jurusan pendidikan Biologi IAIN Mataram diperoleh beberapa informasi yakni belum ada buku ajar yang mengaitkan materi mikrobiologi dengan potensi lokal yang bersifat kontekstual bahan ajar yang secara substansial mendukung materi perkuliahan kebanyakan berbahasa Inggris sementara itu 75% mahasiswa mengalami kesulitan memahami referensi berbahasa Inggris sehingga mahasiswa terpaksa menggunakan sumber dari internet yang kebenarannya kurang terpercaya. Terkait dengan berbagai permasalahan tersebut maka perlu dikembangkan buku ajar yang mengangkat isu-isu daerah atau potensi lokal. Salah satu permasalahan daerah yang dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran bagi mahasiswa pendidikan Biologi di IAIN Mataram adalah maraknya penambangan liar di daerah Sekotong Barat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk 1) Mengembangkan buku ajar Mikrobiologi berbasis penelitian mengenai bioreduksi merkuri untuk mahasiswa S1 Pendidikan Biologi di IAIN Mataram 2) Mengetahui efektivitas penggunakan buku ajar Mikrobiologi berbasis penelitian mengenai bioreduksi merkuri dalam meningkatkan hasil belajar kognitif hasil belajar afektif dan ketuntasan belajar mahasiswa S1 Pendidikan Biologi di IAIN Mataram. Penelitian menggunakan model pengembangan Borg Gall (1983). Pengembangan buku ajar mikrobiologi mengenai bioreduksi merkuri menghasilkan produk buku ajar yang telah dinyatakan valid dan layak. Uji coba produk utama buku ajar juga terbukti dapat meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa dengan gain score 1 (tinggi) hasil belajar afektif dengan gain score 0 9 (tinggi) dan membantu mahasiswa mencapai ketuntasan belajar hingga 100%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60658

Actions (login required)

View Item View Item