Pengembangan modul berbasis inkuiri terbimbing disertai multimedia untuk mengembangkan karakter dan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas VIII SMP 18 Malang / Diah Harmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul berbasis inkuiri terbimbing disertai multimedia untuk mengembangkan karakter dan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas VIII SMP 18 Malang / Diah Harmawati

Harmawati, Diah (2016) Pengembangan modul berbasis inkuiri terbimbing disertai multimedia untuk mengembangkan karakter dan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas VIII SMP 18 Malang / Diah Harmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Harmawati Diah. 2016. Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing disertai Multimedia untuk Mengembangkan Karakter dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Siswa Kelas VIII SMP 18 Malang. Tesis Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Endah Indriwati M. Pd. (II) Dr. Abdul Gofur M. Si. Kata kunci modul multimedia inkuiri terbimbing karakter dan berpikir kritis Pengembangan modul berbasis inkuiri terbimbing disertai multimedia diharapkan dapat digunakan sebagai penunjang belajar siswa. Pembelajaran IPA kebanyakan masih dibelajarkan dengan menggunakan metode konvensional yaitu dengan ceramah. Media yang digunakan hanya mengandalkan buku cetak panduan modul berbasis inkuiri disertai multimedia belum ada yang membuat. Guru SMP 18 Malang sebenarnya sudah menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing namun masih terpisah-pisah. Materi yang dianggap masih sulit kebanyakan yang terkait dengan mekanisme kerja organ. Jenis penelitian merupakan penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan menggunakan Thiagarajan. Tahapan model pengembangan Thiagarajan meliputi define design develop dan desseminate. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan validasi ahli materi 82 14% validasi ahli media (modul) 83 33% validasi ahli media (multimedia) 80 55% validasi guru 98 88% validasi siswa 94 19%. Nilai karakter II siswa telah tuntas. Nilai berpikir kritis II siswa telah tuntas. Keterlaksanaan sintak inkuiri terbimbing 91 40%. Berdasarkan pencapaian hasil validasi produk pengembangan telah layak digunakan. Kesimpulan bahwa modul inkuiri terbimbing disertai multimedia dapat mengembangkan karakter dan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60653

Actions (login required)

View Item View Item