Wulandari, Vindri Catur Putri (2016) Pengembangan komik program kawasan rumah pangan lestari untuk mendukung pembelajaran berbasis role playing dipadu grup investigation sebagai upaya dalam mengembangkan kemampuan kognitif, keterampilan proses, dan sikap sosial siswa kelas IV SD Islam Moh. Hatta Malang / V. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wulandari Vindri Catur Putri. 2016.Pengembangan Komik Program Kawasan Rumah Pangan Lestari untuk Mendukung Pembelajaran berbasis Role Playing Dipadu Group Investigation sebagai Upaya dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Keterampilan dan Sikap Sosial Siswa Kelas IV SD Islam Moh. Hatta. Tesis Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati Al-Muhdhar M. S (II) Prof. Dr. Ir. Suhadi M.Si. Kata kunci komik program KRPL kemampuan kognitif keterampilan proses dan sikap sosial Proses pembelajaranmenjadiberkualitasdenganadanya media pembelajaran. Salah satu media pembelajarantersebutadalahkomik.Komik program KawasanRumahPangan Lestari (KRPL) yang dikembangkanberisiinformasiuntukmenambahpengetahuansiswadanmengembangkanketerampilansertasikap social siswa.Komik ini diterapkan pada siswa kelas IV dengan model pembelajaran role playing dipadu group investigation. Penelitian ini bertujuan (1) menyusun komik program KRPL (2) menguji kelayakan komik program KRPL (3) menguji kepraktisan komik program KRPL dan (4) menguji keefektifan komik program KRPL untuk mendukung pembelajaran berbasis role playing dan group investigation sebagai upaya dalam mengembangkan kemampuan kognitif keterampilan proses dan sikap sosial siswa kelas IV SD Islam Moh. Hatta Malang. Model penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi dari model ADDIE yaitu Analyze Design Develop Implement Evaluate. Penelitian ini dilakukan selama 4 pertemuan. Subjek coba terdiri dari ahli media ahli materi praktisi pendidikan dan siswa kelas IV SD Islam Moh. Hatta. Tingkat validitas komik program KRPL oleh ahli media ahli materi praktisi pendidikan dan kelompok kecil berturut-turut yaitu 82 3% 87 2% 81 3% dan 89 8%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran pembelajaran role playing dipadu group investigation berbantuan komik oleh guru dan siswa sebesar 95 0%. Rerata kemampuan kognitif siswa mengalami peningkatan yaitu dari 75 15 menjadi 81 10. Hasil keterampilan proses diamati selama 3 kali dan mengalami peningkatan disetiap pertemuannya berturut-turut sebesar 82 0% 84 8% dan 86 5%. Hasil sikap sosial siswa yaitu 83 2% menjadi 87 1%. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa komik program KRPL untuk mendukung pembelajaran berbasis role playing dipadu group investigation dapat mengembangkan kemampuan kognitif keterampilan proses dan sikap sosial siswa kelas IV SD Islam Moh. Hatta Malang.Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan komik dengan materi lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60645 |
Actions (login required)
View Item |