Analisis reverse screening senyawa alami anti aging flavan-3-OL dari Theobroma cacao L. dan pengembangannya sebagai buku ajar biologi sel / Dianing Eka Puspitasari

Puspitasari, Dianing Eka (2016) Analisis reverse screening senyawa alami anti aging flavan-3-OL dari Theobroma cacao L. dan pengembangannya sebagai buku ajar biologi sel / Dianing Eka Puspitasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspitasari, Dianing Eka. 2016. Analisis Reverse Screening Senyawa Alami Anti Aging Flavan-3-ol dari Theobroma cacao L. dan Pengembangannya untuk Buku Ajar Biologi Sel. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasrjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. agr. Mohamad Amin, S.Pd., M.Si., (II) Dr. Betty Lukiati, M.S. Kata kunci: Buku Ajar, Mata Kuliah Biologi Sel, Flavan-3-ol, anti aging, reverse screening, Theobroma cacao L. Biologi sel adalah subjek dasar yang penting dari kehidupan ilmu sains modern, terdiri dari aktivitas kehidupan yang mendasar dari sel. Kegiatan pembelajaran seharusnya fokus pada kegiatan yang berpusat pada mahasiswa dan bagaimana seorang pendidik mendorong siswa untuk mengembangkan keterampilan belajar mereka seumur hidup.Matakuliah Biologi Sel di Universitas Negeri Malang, mahasiswa dituntut untuk mampu menggunakan konsep, prinsip dan prosedur dalam kajian penelitian Biologi Sel untuk menemukan, menganalisis dan memecahkan permasalahan dengan penerapan IPTEK dalam kajian Biologi Sel berbasis kesehatan. Kajian Biologi Sel menggunakan penerapan IPTEK untuk menemukan, menganalisis dan memecahkan permasalahan berbasis kesehatan bagi mahasiswa dapat dilakukan melalui pendekatan Bioinformatika dengan metode reverse screening. Berdasarkan pertimbangan tersebut perlu dikembangkan inovasi buku ajar guna memperluas pengetahuan mahasiswa khususnya pada matakuliah Biologi Sel berbasis Bioinformatika. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif eksploratif yang terdiri atas penelitian in silico dan penelitian pengembangan. Hasil dari penelitian in silico kemudian digunakan sebagai bahan untuk mengembangkan buku ajar. Penelitian in silico menggunakan metode reverse screening, sedangkan penelitian pengembangan buku ajar menggunakan 9 langkah model pengembangan Dick and Carey (2009)yaitu mengidentifikasi tujuan umum pembelajaran, melakukan analisis pembelajaran, mengidentifikasi kemampuan, karakteristik, dan kebiasaan yang dilakukan peserta didik, menentukan tujuan yang akan dicapai setelah dilakukannya pembelajaran, mengembangkan instrumen penelitian, mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan dan menentukan materi pembelajaran, merancang dan melakukan evaluasi formatif, merevisi hasil pembelajaran, merancang dan melakukan evaluasi sumatif. Pada penelitian tahap I secara in silicodiperoleh hasil protein target yang berperan dalam skin aging yaitu MMP3. Hasil protein target yang diperoleh kemudian diprediksi interaksinya melalui String-db web server. Pada penelitian tahap 2 pengembangan buku ajar yang telah divalidasi diperoleh hasil yaitu dari ahli materi sebesar96,19% untuk komponen kelayakan isi, 96% untuk kelayakan penyajian dan 94,54%untuk penggunaan bahasa, validator ahli media diperoleh hasil sebesar 89,70% dan 93% untuk uji coba skala kecil. Kesimpulan secara keseluruhan dari hasil validasi dan uji coba menyatakan buku ajar pada matakuliah Biologi Sel dapat digunakan mahasiswa sebagai sumber belajar buku teks dengan beberapa revisi yang harus dilakukan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60637

Actions (login required)

View Item View Item