Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan multimedia interaktif terhadap keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif dan retensi siswa pada pembelajaran biologi kelas XI SMA Negeri di Bojonegoro / Nilam Retnosari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan multimedia interaktif terhadap keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif dan retensi siswa pada pembelajaran biologi kelas XI SMA Negeri di Bojonegoro / Nilam Retnosari

Retnosari, Nilam (2016) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan multimedia interaktif terhadap keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif dan retensi siswa pada pembelajaran biologi kelas XI SMA Negeri di Bojonegoro / Nilam Retnosari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Retnosari Nilam. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Multimedia Interaktif terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Berpikir Kreatif dan Retensi Siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas XI SMA Negeri di Bojonegoro. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D. (II) Dr. Hadi Suwono M.Si Kata Kunci inkuiri terbimbing multimedia interaktif keterampilan berpikir kritis berpikir kreatif retensi. Studi Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) menunjukkan siswa Indonesia berada pada rangking yang sangat rendah dalam kemampuan teori analisis pemecahan masalah dan melakukan investigasi. Kemampuan rata-rata siswa paling tinggi adalah domain pengetahuan (knowing) sedangkan kemampuan pada domain penalaran (reasoning) dan penerapan (applying) relatif rendah. Survei nasional pendidikan di Indonesia juga menyebutkan bahwa pendidikan formal di Indonesia kurang mengembangkan aspek kreativitas siswa (Tridjata 2002). Salah satu model pembelajaran yang dirancang agar siswa dapat melakukan kegiatan investigasi adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing. Suchman (2010) menyatakan bahwa inkuiri dapat digunakan berpikir induktif berpikir kreatif belajar menemukan (discovery) dan melatihkan keterampilan kerja ilmiah. Melalui kegiatan pembelajaran berpendekatan inkuiri diharapkan akan memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatifnya karena dalam inkuiri siswa dapat mengeksplor pengetahuannya membuat berbagai macam alternatif pemikiran ide serta jawabannya. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan multimedia interaktif terhadap keterampilan berpikir kritis berpikir kreatif dan retensi siswa kelas XI SMA Negeri di Bojonegoro. Penelitian ini merupakan Quasi Experiment dengan rancangan Pretest-Postest Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 bulan Maret-Mei di SMA Negeri 1 Sumberrejo Bojonegoro. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Sumberrejo. Teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling yang didasarkan pada hasil uji kesetaraan nilai kognitif siswa. Sampel penelitian adalah siswa Kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen 1 yang dibelajarkan dengan inkuiri terbimbing berbantuan multimedia interaktif Kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen 2 yang dibelajarkan dengan inkuiri terbimbing dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yaitu Silabus Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Lembar Kegiatan Siswa soal tes berpikir kritis yang berbentuk essay dan tes kreativitas. Data hasil penelitian berupa pretest dan posttest kemudian dianalisis dengan statistik menggunakan analisis kovarian (Anakova) dengan bantuan program SPSS 22.0 for Windows. Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh simpulan sebagai berikut. Pertama model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan multimedia interaktif berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas konvensional dengan inkuiri terbimbing berbantuan multimedia sebesar 24 6% kelas konvensional dengan inkuiri terbimbing sebesar 19 7% dan kelas inkuiri dengan inkuiri multimedia sebesar 4 15%. Kedua model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan multimedia interaktif berpengaruh positif terhadap berpikir kreatif. Peningkatan berpikir kreatif siswa kelas konvensional dengan inkuiri terbimbing berbantuan multimedia interaktif sebesar 6 45% kelas konvensional dengan inkuiri terbimbing sebesar 15 7% dan kelas inkuiri dengan inkuiri berbantuan multimedia sebesar 23 2%. Ketiga model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan multimedia interaktif tidak berpengaruh terhadap retensi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60629

Actions (login required)

View Item View Item