Pengembangan buku ajar matakuliah biologi sel hasil analisis virtual screening senyawa alami kandidat inhibitor komplek Matrik Metalloprotei-1 (MMP1) dalam anti aging / Kartika Julianan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar matakuliah biologi sel hasil analisis virtual screening senyawa alami kandidat inhibitor komplek Matrik Metalloprotei-1 (MMP1) dalam anti aging / Kartika Julianan

Juliana, Kartika (2016) Pengembangan buku ajar matakuliah biologi sel hasil analisis virtual screening senyawa alami kandidat inhibitor komplek Matrik Metalloprotei-1 (MMP1) dalam anti aging / Kartika Julianan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Juliana Kartika. 2016. Pengembangan Buku Ajar Matakuliah Biologi Sel Hasil Analisis Virtual Screening Senyawa Alami Kandidat Inhibitor Komplek Matrik Metalloprotein-1 (MMP1) Dalam Anti Aging . Tesis. Jurusan Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Agr. Mohamad Amin S.Pd. M.Si. (II) Dr. Endang Suarsini M.Ked. Keywords Biologi sel buku ajar virtual screening Biologi sel merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang sel baik secara struktural dan fungsional mulai dari yang sederhana sampai jaringan yang komplek. Biologi Sel merupakan salah satu matakuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa tingkat Strata 1 (S1) Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Proses perkuliahan pada matakuliah Biologi Sel masih dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah diskusi tanya jawab serta penugasan. Sumber belajar yang digunakan dalam perkuliahan selama ini hanya bersifat teoritis belum ada yang bersifat aplikatif sehingga pencapaian pembelajaran yang mengharapkan mahasiswa mampu menggunakan konsep prinsip dan prosedur dalam kajian penelitian Biologi Sel untuk menemukan menganalisis dan memecahkan permasalahan dengan penerapan IPTEK dalam kajian Biologi Sel berbasis kesehatan belum seutuhnya tercapai. Pengembangan buku ajar Biologi Sel dengan memanfaatkan metode Bioinformatika diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang ada sehingga learning outcome yang diharapkan dapat tercapai. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap yaitu penelitian deskriptif eksploratif dan penelitian pengembangan. Penelitian tahap pertama yaitu virtual screaning senyawa alami inhibitor protein MMP1 dan pada penelitian tahap kedua yaitu pengembangan bahan ajar berupa buku ajar untuk matakuliah Biologi sel. Hasil dari penelitian tahap pertama kemudian digunakan sebagai bahan untuk mengembangkan buku ajar (penelitian tahap dua) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian virtual screening yang dilakukan menghasilkan senyawa yang berpotensi sebagai anti aging melalui software PyMol diketahui bahwa senyawa inhibitor kontrol (RO4) memiliki site pengikatan yang sama pada ZINC03947432 dengan protein MMP1. ZINC03947432 melalui ikatan hidrogen Asn 80 Ala 84 Arg 114 His 118 Tyr 137 dan interaksi hidrofobik Ala 82 His 83 Val 115 Glu 119 His122 Pro 138 Ser 139 Tyr 140. Dari hasil tersebut mengindikasikan bahwa ZINC03947432 memiliki potensi untuk dijadikan sebagai kandidat inhibitor komplek protein MMP1 sebagai antiaging. senyawa alami ZINC03947432 dengan nama senyawa Luteolin 7-galactoside atau luteolin-7-o-glucoside. Luteolin 7-galactoside termasuk dalam kelompok senyawa flavonoid yang dapat di isolasi dari tanaman krisan. Hasil penelitian virtual screening digunakan sebagai bahan penyusunan buku ajar berupa buku pengayaan pada matakuliah Biologi Sel berjudul Eksplorasi Senyawa Alami Potensi Anti Aging melalui Virtual Screening . Materi yang dituliskan pada buku ajar ini merupakan implikasi proses dan hasil dari penelitian virtual screening yang dikompilasi dengan beberapa materi pendukung yaitu biologi sel bioinformatika dan artikel jurnal penelitian yang berkaitan. Penyusunan buku ajar ini mengacu pada tahapan pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE dipilih karena konsep ADDIE sederhana namun memberikan banyak petunjuk dalam proses pengembangan suatu produk pembelajaran yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analyze design develop implement dan evaluate. Hasil validasi ahli materi menyatakan layak sebesar 93 15% dengan kategori sangat baik atau sangat layak. Hasil validasi ahli media pembelajaran menyatakan layak sebesar 88 64% dengan kategori sangat baik. Hasil uji perorangan menyatakan layak dengan persentase 87 5% dari 15 orang uji coba. Kriteria kelayakan buku yang digunakan mengacu pada Puskurbuk tahun 2014. Secara keseluruhan dari hasil validasi ahli materi ahli media dan hasil uji coba perorangan menyatakan bahwa buku ajar yang dikembangkan telah layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60628

Actions (login required)

View Item View Item