Pengaruh strategi Thinking Actively in Social Context (TASC) dipadu iMindMap pada mata pelajaran biologi untuk meningkatkan hasil belajar, ketrampilan berpikir kritis dan kreatif siswa SMAN 4 Sidoarjo / Putri Nuur Masita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi Thinking Actively in Social Context (TASC) dipadu iMindMap pada mata pelajaran biologi untuk meningkatkan hasil belajar, ketrampilan berpikir kritis dan kreatif siswa SMAN 4 Sidoarjo / Putri Nuur Masita

Masita, Putri Nuur (2016) Pengaruh strategi Thinking Actively in Social Context (TASC) dipadu iMindMap pada mata pelajaran biologi untuk meningkatkan hasil belajar, ketrampilan berpikir kritis dan kreatif siswa SMAN 4 Sidoarjo / Putri Nuur Masita. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Masita Putri Nuur. 2016. Pengaruh Strategi Thinking Actively in Social Context (TASC) dipadu iMindMap pada Mata Pelajaran Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMAN 4 Sidoarjo. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd dan (II) Dr. Hadi Suwono M.Si. Kata Kunci TASC iMindMap. Keterampilan berpikir Pendidikan formal yang berlangsung kini cenderung terjebak pada mengasah aspek mengingat (remembering) dan memahami (understanding) yang merupakan low order of thinking. Pembelajaran yang lebih mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif yang termasuk dalam high order thinking dan merupakan komponen kecerdasan abad 21 sangat diperlukan siswa untuk menghadapi tantangan masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran TASC dipadu iMindMap terhadap hasil belajar keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa pada pembelajaran biologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas X SMA Negeri 4 Sidoarjo semester genap tahun pelajaran 2015-2016 sebanyak 229 siswa yang terbagi dalam 6 kelas paralel. Sampel penelitian ini adalah siswa Kelas X tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 2 kelas dari 6 kelas yang ada. Kelas eksperimen (X MIA 3) terdiri dari 39 siswa yang diperlakukan dengan pembelajaran strategi TASC dipadu iMindMap sedangkan kelas kontrol (X MIA 2) terdiri dari 38 siswa yang diberikan pembelajaran konvensional (ceramah dan diskusi). Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dan essay. Uji hipotesis menggunakan anakova. Data penelitian sebelum dilakukan uji hipotesis dilakukan uji normalitas menggunakan Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas menggunakan Levene s Test sebagai uji prasyarat untuk mengetahui data berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran TASC dipadu iMindMap terhadap hasil belajar keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif siswa. Strategi TASC dipadu iMindMap dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa oleh karena itu disarankan bagi guru dan pendidik untuk menerapkannya sebagai alternatif melatihkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60625

Actions (login required)

View Item View Item