Pengaruh model problem-based field investigation terhadap kemampuan bertanya, literasi biologi dan hasil belajar akademik mahasiswa jurusan biologi / Agung Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model problem-based field investigation terhadap kemampuan bertanya, literasi biologi dan hasil belajar akademik mahasiswa jurusan biologi / Agung Wibowo

Wibowo, Agung (2016) Pengaruh model problem-based field investigation terhadap kemampuan bertanya, literasi biologi dan hasil belajar akademik mahasiswa jurusan biologi / Agung Wibowo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wibowo Agung. 2016.Pengaruh Model Problem 8722 Based Field Investigation Terhadap Kemampuan Bertanya Literasi Biologi dan Hasil Belajar Akademik Mahasiswa Jurusan Biologi. Tesis Pendidikan Biologi Program Magister Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Dr. Hadi Suwono M.Si. Pembimbing II Dra. Dwi Listyorini M.Si. D.Sc. Kata Kunci Problem-Based FieldInvestigation kemampuan bertanya literasibiologi hasil belajar akademik Pembelajaran biologi di perguruan tinggi mengutamakan investigasi lapangan sebagai strategi pembelajaran agar mahasiswa mampu mengembangkankemampuan mengidentifikasi dan memecahkan masalah yang ada di lingkungan sekitar. Kemampuan mengidentifikasi masalah berhubungan erat dengan bagaimana mahasiswa merumuskan pertanyaan. Jenis pertanyaan yang diajukan yaitu berupa deklaratif dan prosedural sangat penting untuk konstruksi literasi biologi dan hasil belajar mahasiswa. Model pembelajaran Problem-Based Field Investigation adalah model pembelajaran dengan menghadapkan mahasiswa pada permasalahan atau fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar secara langsung kemudian peserta didik merancang kegiatan investigasi untuk memecahkan permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaankemampuan bertanya literasi biologi dan hasil belajar mahasiswa jurusan biologi menggunakan model Lecturer-Based Learning dan Problem-Based Field Investigation. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain One Group Time Series Design. Penelitian dilakukan pada 26 mahasiswa jurusan S1 biologi FMIPA UM yang menempuh matakuliah Limnologi semester gasal 2015/2016. Data hasil penelitian dikumpulkan dari hasil observasi kemampuan bertanya tes literasi biologi dan tes hasil belajar yang dilakukan selama 6 kali sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran berlangsung dalam satu semester. Data menunjukkan peningkatan rerata kemampuan bertanya awal (1 59 0 78 1 82 1 13 1 67 0 91) dengan dominasi pertanyaan jenis deklaratif (58 33%) dan akhir (2 21 0 89 3 08 0 69 3 08 0 84) dengan dominasi pertanyaan jenis prosedural tipe deskriptif (32%) korelatif (41%) dan kausal (19%). Literasi biologi mahasiswa juga menunjukkan peningkatan. Rerata literasi awal (1 42 0 50 1 50 0 58 1 57 0 58) didominasi pada tingkat nominal(53%) dan fungsional (45%) serta literasi akhir (2 85 0 78 2 19 0 94 2 31 0 79) dengan dominasi tingkat fungsional dan konseptual (38% 36%). Rerata hasil belajar akademik mahasiswa awal cenderung rendah (55 25 10 26 57 10 11 80 61 17 10 41) sedangkan hasil belajar akhir cenderung meningkat (70 38 11 13 71 92 7 08 73 46 9 77).Hasil analisis Paired-Samplest-test dengan taraf signifikansi 0 05 (p value

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60623

Actions (login required)

View Item View Item