Pengaruh project based learning terhadap keterampilan proses sains, motivasi belajar, dan berpikir kreatif siswa kelas X SMA Negeri Sidoarjo / Nuril Maghfiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh project based learning terhadap keterampilan proses sains, motivasi belajar, dan berpikir kreatif siswa kelas X SMA Negeri Sidoarjo / Nuril Maghfiroh

Maghfiroh, Nuril (2016) Pengaruh project based learning terhadap keterampilan proses sains, motivasi belajar, dan berpikir kreatif siswa kelas X SMA Negeri Sidoarjo / Nuril Maghfiroh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maghfiroh Nuril. 2016.Pengaruh Project Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains Motivasi Belajar dan Berpikir Kreatif Siswa. Tesis. Pendidikan Biologi. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc Ph.D (2) Dr. Abdul Gofur M.Si. Kata Kunci project based learning keterampilan proses sains motivasi berpikir kreatif Paradigma pembelajaran abad 21 menekankan pada kemampuan siswa dalam mencari tahu dari berbagai sumber merumuskan permasalahan berpikir analitis dan kerjasama serta berkolaborasi dalam menyelesaikan masalah. Generasi abad 21 perlu belajar kecakapan hidup yang meliputi kecakapan berpikir bertindak dan kecakapan hidup di bumi. Keterampilan proses sains dan berpikir kreatif merupakan kompetensi penting yang harus dicapai di abad 21 dengan didukung motivasi untuk keberhasilan studi siswa. Hasil observasi yang dilaksanakan di SMA Negeri 4 Sidoarjo menunjukkan bahwa keterampilan proses sains motivasi belajar dan berpikir kreatif siswa perlu dikembangkan dengan model pembelajaran yang tepat. Siswa perlu mengembangkan keterampilan yang dituntut di abad 21 untuk menghadapi kehidupan di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Project Based Learning terhadap keterampilan proses sains motivasi belajar dan berpikir kreatif siswa kelas X SMA Negeri 4 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (Quasy Experimental design). Rancangan penelitian menggunakan pretest postest non-equivalent control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Sidoarjo yang terdiri atas 39 siswa pada kelas kontrol dan 39 siswa pada kelas eksperimen. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen tes keterampilan proses sains angket motivasi belajar dan tes berpikir kreatif. Analisis data penelitian menggunakan uji statistik dengan teknik analisis kovarian (Anakova) untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada pencapaian keterampilan proses sains motivasi belajar dan berpikir kreatif siswa pada kelas kontrol dan eksperimen. Selisihpeningkatan nilai keterampilan proses sains motivasi belajar dan berpikir kreatif siswa antara kelas kontrol dan eksperimenadalah sebesar 97 22% 5 13% dan 19 51%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60621

Actions (login required)

View Item View Item