Nuha, Ulin (2016) Analisis filogeni ikan manggabai (Glossogobius giuris), payangga (Giuris margaritacea) dan hulu'u dari Danau Limboto berdasarkan sekuens gen Cytochrome B sebagai buku ajar berbasis penelitian untuk mata kuliah evolusi di Universitas Jember / Ulin Nuha. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nuha Ulin. 2016. Analisis Filogeni Ikan Manggabai (Glossogobius giuris) Payangga (Giuris margaritacea) dan Hulu u dari Danau Limboto berdasarkan Sekuen Gen Cytochrome b sebagai Buku Ajar Berbasis Penelitian untuk Mata Kuliah Evolusi di Universitas Jember.Tesis Program StudiBiologi Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. agr. Mohamad Amin S.Pd. M.Si. (II) Dr. Umie Lestari M.Si. Kata kunci analisis filogeni gen cyt b buku ajar berbasis penelitian evolusi Filogenetik molekuler merupakan kajian yang mempelajari tentang hubungan kekerabatan organisme yang dianlisisdengan membandingkan DNA antar organisme. Kajian yang dipelajari dalam mata kuliah Evolusi di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Jember ini membutuhkan bahan ajar kontekstual dan tetap mengikuti perkembangan IPTEKS.Hal ini merujuk pada capaian pembelajaran dalam KKNI untuk level 6 (Strata 1) yaitu mahasiswa dituntut agar mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. Sehubungan dengan pemanfaatan IPTEKS kendala yang muncul adalah pemahaman mahasiswa dalam ranah molekuler masih kurang. Hal ini disebabkan mahasiswa belum memiliki pengetahuan mengenai teknik-teknik dalam memperoleh data molekuler mulai dari isolasi purifikasi amplifikasi hingga sekuensing basa nukleotida. Pemahaman mahasiswa masih terbatas pada konsep yang mendasar dan masih kurang memahami konsep evolusi dan filogenetik dengan pendekatan molekuler yang ditunjukkan masih terdapat beberapa kesalahan konsep saat kegiatan diskusi kelas. Kegiatan presentasi dan diskusi kelas hanya menampilkan materi yang besifat teoritis dan tidak disertai dengan contoh aplikasi filogenetik. Selain itu mahasiswa menggunakan informasi dari internet dengan sumber yang tidak jelas. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hubungan kekerabatan atau filogeni Glossogobius giuris Giuris margaritacea dan ikan hulu u berdasarkan variasi sekuens gen cyt b dan (2) menghasilkan buku ajar untuk mata kuliah Evolusi berbasis hasil penelitian analisis filogeni Glossogobius giuris Giuris margaritacea dan ikan hulu u dari Danau Limboto berdasarkan sekuen gen cyt b. Metode dalam penelitian dan pengembangan ini dibagi menjadi dua penelitian deskriptif eksploratif dan pengembangan buku ajar berbasis penelitian. Pengumpulan data tahap pertama dilakukan melalui proses isolasi purifikasi Polychain Reaction elektroforesis sekuensing dan analisis filogeni menggunakan software Sequence Scanner v.10 Bioedit Clustal X MEGA6 dan Haplotype Network. Pengumpulan data tahap kedua dilakukan dengan merujuk pada model pengembangan ADDIE oleh Branch (2009) yang meliputi tahap (1) Analyze (2) Design (3) Develop dan(4) Evaluation. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa (1) Melalui analisis filogeni dapat diketahui jarak genetik similaritas dan varian sekuen gen cyt b dan pengelompokan beberapa spesies dan jarak genetik dari tiap individu (a) ikan hulu u termasuk ke dalam kluster yang sama dengan tiga spesies pembanding yaitu P. microps P. minutus dan C. chanos sedangkan G. giuris termasuk ke dalam satu kluster yang samadengan G. margaritacea (b) kerabat ikan hulu u yang paling dekat adalah C. chanos (jarak genetik 0 604) kerabat G. giuris yang paling dekat adalah G. margaritacea (jarak genetik 1 172) (c) ikan hulu u memiliki similaritas paling tinggi dengan C. chanos (similaritas 39 58%) sedangkan G. giuris memiliki similaritas paling tinggi dengan G. margaritacea (-17 20%) (d) ikan hulu u tergolong dalam haplogroup yang sama dengan G. giuris sedangkan G. margaritacea tergolong dalam haplogroup yang sama dengan P. microps dan(2) dihasilkan buku ajar berbasis penelitian mata kuliah Evolusi untuk materi evolusi molekuler dan filogenetik dengan persentase validitas dari ahli media sebesar 87 14% (sangat valid) ahli materi sebesar 91 67% (sangat valid) praktisi pendidikan sebesar 75 78% (cukup valid) dan uji coba kelompok kecil sebesar 82 22% (cukup valid). 8195
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60620 |
Actions (login required)
View Item |