Peningkatan kecakapan berpikir kritis, literasi ilmiah, dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 7 SMA N 1 Karanganyar melalui blended-problem based learning berbasis lesson study / Samuel Agus Triyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kecakapan berpikir kritis, literasi ilmiah, dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 7 SMA N 1 Karanganyar melalui blended-problem based learning berbasis lesson study / Samuel Agus Triyanto

Triyanto, Samuel Agus (2016) Peningkatan kecakapan berpikir kritis, literasi ilmiah, dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 7 SMA N 1 Karanganyar melalui blended-problem based learning berbasis lesson study / Samuel Agus Triyanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Triyanto Samuel Agus. 2016. Peningkatan Kecakapan Berpikir Kritis Literasi Ilmiah dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA 7 SMA N 1 Karanganyar Melalui Blended-Problem Based Learning Berbasis Lesson Study. Tesis. Pendidikan Biologi. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1)Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D. (2) Dr. Fatchur Rohman M.Si. Keywords Blended-Problem Based Learning berpikir kritis literasi ilmiah hasil belajar biologi lesson study Hasil uji pra siklus mengenai kecakapan berpikir kritis literasi ilmiah dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 7 SMA N 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016 menunjukkan bahwa proses belajar yang berlangsung kurang maksimal. Proses belajar harus dimaksimalkan dengan menggunakan desain pembelajaran yang memanfaatkan permasalahan sebagai stimulus pembelajaran dan berbasis teknologi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecakapan berpikir kritis literasi ilmiah dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 7 SMA Negeri 1 Karanganyar serta mengetahui penerapan Blended-Problem Based Learningatau Blended-PBL berbasis Lesson Study dalam pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas ini memiliki 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi yang berbasis Lesson Study meliputi tahap plan do dan see. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 7 yang berjumlah 32 orang. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen tes berpikir kritis literasi ilmiah dan hasil belajar biologi. Analisis data penelitian menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecakapan berpikir kritis literasi ilmiah dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 7 tahun pelajaran 2015/2016 meningkat dengan penerapan Blended-PBL berbasis Lesson Study. Blended-PBL berbasis Lesson Studyditerapkan melalui kegiatan pembelajaran online dan tatap muka di kelas dengan memanfaatkan Lesson Studyuntuk meningkatkan proses belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60619

Actions (login required)

View Item View Item