Permana, Tutut Indria (2016) Pengaruh pembelajaran berbasis masalah penyakit tropis terhadap literasi kesehatan, kecakapan hidup dan hasil belajar siswa SMA kelas XI MIA di Kabupaten Malang / Tutut Indria Permana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Permana Tutut Indria. 2016. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Penyakit Tropis terhadap Literasi Kesehatan Kecakapan Hidup dan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas XI MIA di Kabupaten Malang. Tesis Jurusan Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hadi Suwono M.Si. (II) Dra. Dwi Listyorini M.Si. D.Sc. Kata Kunci pembelajaran berbasis masalah pembelajaran berbasis masalah penyakit tropis literasi kesehatan literasi kesehatan siswa kecakapan hidup siswa hasil belajar siswa. Pendidikan berkembang secara dinamis mengikuti perubahan jaman. Siswa masa kini membutuhkan pengetahuan yang luas untuk menghadapi tantangan perubahan jaman tersebut yang salah satunya adalah masalah kesehatan masyarakat sehingga literasi kesehatan menjadi salah satu prioritas yang perlu dikembangkan. Tingkat kesehatan masyarakat Indonesia masih sangat rendah (OECD 2014) yang diduga sebagai pengaruh pendidikan yang belum menyentuh ranah literasi kesehatan. Hasil survey terhadap 120 siswa SMA kelas XI MIA pada 6 SMA Negeri di Kabupaten Malang juga menunjukkan bahwa literasi kesehatan siswa masih rendah. Tingkat literasi kesehatan yang berkaitan dengan kecakapan hidup individu perlu diperbaiki melalui pendidikan di sekolah dengan mengintegrasikan aktivitas membaca menulis menafsirkan dan menggunakan informasi kesehatan seperti masalah penyakit tropis. Indonesia merupakan negara tropis yang berisiko tinggi terhadap masalah penyakit tropis. Masalah yang berkaitan dengan penyakit tropis ini adalah kondisi autentik yang dapat dijadikan media pada proses pembelajaran. Berkaitan dengan hal ini perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah penyakit tropis terhadap literasi kesehatan kecakapan hidup dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Kepanjen 35 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 31 siswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian ini berupa soal pretes-postes dan lembar observasi. Literasi kesehatan kecakapan hidup dan kemampuan kognitif siswa dianalisis menggunakan anakova. Kemampuan afektif dan psikomotor siswa dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah penyakit tropis secara signifikan meningkatkan literasi kesehatan kecakapan hidup kemampuan kognitif dan afektif siswa tidak signifikan berpengaruh terhadap psikomotor siswa. Peningkatan literasi kesehatan kecakapan hidup kognitif pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan nilai berturut-turut 48 87% 25 58% 22 90%. Strategi pembelajaran berbasis masalah penyakit tropis ini sebaiknya dilakukan secara terus-menerus dan berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60615 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |