Rofi'ah, Ndzani Latifatur (2016) Pengaruh scientific inquiry terhadap literasi sains, keterampilan proses dan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Kota Malang / Ndzani Latifatur Rofi'ah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rofi ah Ndzani Latifatur. 2016. Pengaruh Scientific Inquiry Terhadap Literasi Sains Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Kota Malang.Tesis. Jurusan Pendidikan Biologi Program PascasarjanaUniversitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hadi Suwono M.Si (II) Dra. Dwi ListyoriniM.Si. D.Sc. Kata Kunci scientific inquiry literasi sains keterampilan proses hasil belajar Ilmu pengetahuan danteknologiberkembang membawaperubahandalamkehidupan sehari-hari. Siswa perlu dibekali dengan kemampuan untuk menghadapi tantangan abad 21 yaitu literasi sains.Literasi sains berhubungan dengan pendekatan ilmiah. Proses pembelajaran biologi di kelas dapat dilakukan dengan pendekatan ilmiah melalui penyelidikan.Pembelajaran biologi seharusnya dilakukan dengan memberikan kesempatan pada siswa untuk terlibat secara aktif menggunakan keterampilan proses dalam menemukan konsep dari fenomena ilmiah dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui pengaruh scientific inquiry terhadap literasi sains keterampilan proses dan hasil belajar biologi.Penelitian eksperimen ini menggunakannonrandomized control group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 7 Malang. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu XI MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelompok kontrol.Variabel bebas adalah strategi pembelajaran scientific inquiry. Variabel terikat adalah literasi sains keterampilan proses dan hasil belajar biologi.Instrumen penelitian berupa soalpretes-postesdan lembar observasi. Literasi sains keterampilan proses dan hasil belajar kognitif dianalisis menggunakan anakova. Psikomotor dan afektif dianalisis menggunakan uji t.Hasil penelitian menunjukkan bahwascientific inquiry secara signifikan meningkatkan literasi sains keterampilan proses dan hasil belajar siswa. Peningkatan literasi sains keterampilan proses dan hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol dengan nilai berturut-turut 13 59% 36 56% dan 47 22%.Scientific inquiry sebaiknya diterapkan secara berkelanjutan dalam pembelajaran biologi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60612 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |