Pengaruh pembelajaran inkuiri dengan asesmen portofolio terhadap kemampuan berpikir kritis, berpikir kreatif dan hasil belajar mahasiswa / Umi Hasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran inkuiri dengan asesmen portofolio terhadap kemampuan berpikir kritis, berpikir kreatif dan hasil belajar mahasiswa / Umi Hasanah

Hasanah, Umi (2016) Pengaruh pembelajaran inkuiri dengan asesmen portofolio terhadap kemampuan berpikir kritis, berpikir kreatif dan hasil belajar mahasiswa / Umi Hasanah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hasanah Umi.2016. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri dengan Asesmen Portofolio Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Mahasiswa.Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc Ph.D (2) Dr. Hadi Suwono M.Si Kata Kunci Inkuiri Asesmen Portofolio Kritis Kreatif Hasil Belajar Kemampuan berpikir kritis dan kreatif merupakan beberapa tuntutan kemampuan yang harus dimiliki mahasiswa sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan soft skill yang dibutuhkan di dunia kerja. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa perlu dikembangkan untuk memenuhi tuntutan tersebut. Salah satu model dan asesmen yang dapat mengembangakan kemampuan berpikir kritis dan kreatif adalah pembelajaran Inkuiri dan asesmen portofolio. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Inkuiri dengan portofolio terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (quasy experiment design) dengan rancangan pre test-post test non equivalent control group design. Sampel penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan biologi yang terdiri atas 26 mahasiswa pada kelas eksperimen dengan pembelajaran Inkuiri dengan asesmen portofolio 28 mahasiswa pada kelas eksperimen dengan pembelajaran Inkuiri dan 25 mahasiswa pada kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian dengan menggunakan instrumen tes tulis kemampuan berpikir kritis kreatif dan kognitif serta angket afektif. Teknik analisis data dengan Ancova dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan kemampuan berpikir kritis berpikir kreatif hasil belajar kognitif dan hasil belajar afektif mahasiswa pada kelas eksperimen dengan pembelajaran Inkuiri dengan portofolio dan pembelajaran Inkuiri serta pada kelas kontrol. Kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen dengan pembelajaran Inkuiri dan portofolio lebih tinggi 7 8% dibandingkan dengan pada kelas eksperimen dengan pembelajaran inkuiri dan lebih tinggi 13 7% dibandingkan dengan kelas kontrol. Kemampuan berpikir kreatif pada kelas eksperimen dengan pembelajaran Inkuiri dan portofolio lebih tinggi 10 5% dibandingkan dengan pada kelas eksperimen dengan pembelajaran inkuiri dan lebih tinggi 22 1% dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen dengan pembelajaran Inkuiri dan portofolio lebih tinggi 9 5% dibandingkan dengan pada kelas eksperimen dengan pembelajaran inkuiri dan lebih tinggi 19 1% dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil belajar afektif pada kelas eksperimen dengan pembelajaran Inkuiri dan portofolio lebih tinggi 4 9% dibandingkan dengan pada kelas eksperimen dengan pembelajaran inkuiri dan lebih tinggi 7 7% dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil penelitian pembelajaran Inkuiri dengan portofolio mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis kreatif dan hasil belajar mahasiswa sehingga model pembelajaran ini dapat menjadi salah satu alternatif pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis kreatif dan hasil belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60611

Actions (login required)

View Item View Item