Pengembangan modul pembelajaran inkuiri dipadu PjBL bersumber bahan ajar potensi lokal terhadap keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kreatif siswa SMA / Akhiruddin

Akhiruddin (2016) Pengembangan modul pembelajaran inkuiri dipadu PjBL bersumber bahan ajar potensi lokal terhadap keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kreatif siswa SMA / Akhiruddin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Akhiruddin. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Inkuiri Dipadu PjBL Bersumber Bahan Ajar Potensi Lokal terhadap Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Tesis, Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Prof. Dra. Herawati Susilo, M. Sc., Ph. D., (II) Dr. Ibrohim, M. Si. Kata Kunci: Modul, inkuiri, PjBL, keterampilan proses sains, keterampilan berpikir kreatif Hasil observasi dan analisis kebutuhan yang dilaksanakan di SMAN 1 Suralaga menunjukkan kesenjangan antara kondisi pembelajaran serta bahan ajar yang digunakan dengan kondisi ideal. Bahan ajar yang digunakan belum mampu memfasilitasi siswa untuk melakukan aktivitas ilmiah seperti inkuiri sehingga proses pembelajaran biologi tidak berjalan dengan optimal. Oleh sebab itu peneliti melakukan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul pembelajaran inkuiri dipadu PjBL bersumber bahan ajar potensi lokal yang bermuatan keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kreatif. Penelitian menggunakan desain Research and Development (R&D) yang dipadukan dengan eksperimen semu (Queasy Experiment) untuk uji coba produk. Tahapan penelitian pengembangan mengacu pada model ADDIE yang meliputi Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek uji coba penelitian adalah siswa SMAN 1 Suralaga yang terdiri atas 6 siswa dalam uji coba kelompok kecil dan 30 siswa dalam uji coba kelompok besar. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen angket dan tes keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kreatif. Analisis data penelitian menggunakan metode perhitungan persentase untuk data angket dan uji statistik dengan teknik analisis kovarian (Anakova) untuk menguji hipotesis penelitian. Tanggapan dan saran responden pada angket digunakan sebagai acuan perbaikan produk yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk pengembangan berupa modul pembelajaran inkuiri dipadu PjBLbersumber bahan ajar potensi lokal terhadap keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kreatif telah memenuhi aspek kelayakan modul ditinjau dari hasil validasi oleh ahli materi, ahli bahan ajar, praktisi pembelajaran dan respons siswa. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada pencapaian keterampilan proses sains siswa pada kelas kontrol dan eksperimen. Kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran menggunakan modul pembelajaran inkuiri dipadu PjBL bersumber bahan ajar potensi lokal terhadap keterampilan proses sains memperoleh rerata terkoreksi 68,8 dan keterampilan berpikir kreatif 71,8 sedangkan pada kelas kontrol berturut-turut 56 dan 58. Perolehan nilai tersebut menunjukkan pencapaian tes keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kreatif yang lebih tinggi pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60610

Actions (login required)

View Item View Item