Purwitasari, Lenasti Zlarah (2015) Pengembangan media komik dalam pembelajaran subtema keanekaragaman hewan dan tumbuhan untuk kelas IV SDN Waturejo 02 Ngantang / Lenasti Zlarah Purwitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Purwitasari Lenasti Zlarah. 2015. Pengembangan Media Komik Dalam Pembelajaran Subtema Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan Untuk Kelas IV SDN Waturejo 02 Ngantang. Skripsi Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sumanto M. Pd (II) Drs. Sudarsini M. Pd. Kata Kunci Media Komik Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan Kelas IV SD. Kedudukan media pembelajaran merupakan bagian integral yang harus disesuaikan dengan karakteristik siswa agar dapat membantu siswa lebih memahami materi pembelajaran yang diajarkan oleh guru guna mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan penelitian awal yang telah dilakukan terhadap siswa kelas IV dan guru kelas IV SDN Waturejo 02 Ngantang melalui wawancara diperoleh informasi bahwa siswa menerima materi pembelajaran dengan metode ceramah dan pembelajaran pada buku siswa. Sedangkan hasil wawancara yang dilakukan pada guru kelas IV diperoleh data bahwa pembelajaran pada kurikulum 2013 ternyata penggunaan buku siswa saja tidak cukup dalam membangkitkan minat siswa dalam belajar. Siswa lebih aktif apabila guru menggunakan media pada saat pembelajaran di kelas dan sangat membantu proses belajar-mengajar. Sehingga guru merasa perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang berbeda dari media yang selama ini digunakan juga media yang terdapat pada buku siswa. Tujuan penelitian ini adalah menghasilakan produk media komik pada pembelajaran Subtema keanekaragaman hewan dan tumbuhan yang layak dan mudah dimanfaatkan menyenangkan dan tidak membosankan bagi siswa kelas IV SD. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa angket. Angket diberikan pada satu orang ahli media pembelajaran satu orang ahli materi satu orang ahli lapangan (guru) dan 38 siswa kelas IV SDN Waturejo 02 Ngnatang. Hasil akhir dari hasil uji coba dari ahli media pembelajaran ahli materi pembelajaran guru kelas IV dan 38 siswa kelas IV adalah 88 85%. Jadi dapat disimpulkan bahwa pada media komik dalam pembelajaran subtema keanekaragaman hewan dan tumbuhan valid dan layak digunakan siswa kelas IV SDN Waturejo 02 ngantang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6061 |
Actions (login required)
View Item |