Pengembangan perangkat pembelajaran biologi melalui pendekatan kontekstual dengan strategi discovery learning untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, berpikir kritis dan hasil belajar siswa / Zainul Mustofa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran biologi melalui pendekatan kontekstual dengan strategi discovery learning untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, berpikir kritis dan hasil belajar siswa / Zainul Mustofa

Mustofa, Zainul (2016) Pengembangan perangkat pembelajaran biologi melalui pendekatan kontekstual dengan strategi discovery learning untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, berpikir kritis dan hasil belajar siswa / Zainul Mustofa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mustofa Zainul. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi melalui Pendekatan Kontekstual dengan Strategi Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Herawati Susilo M.Si Ph.D (II) Prof. Dr. Mimien Henie Irawati Al-Muhdhar M.Si. Kata kunci perangkat pembelajaran biologi pendekatan kontekstual discovery learning memecahkan masalah berpikir kritis hasil belajar Perkembangan pada era globalisasi dewasa ini meniscayakan tantangan peningkatan mutu dalam berbagai aspek kehidupan tidak dapat ditawar lagi. Menyikapi tantangan tersebut pendidikan dewasa ini harus diarahkan pada peningkatan daya saing bangsa agar mampu berkompetisi dalam persaingan global. Hal ini bisa tercapai jika pendidikan di sekolah diarahkan tidak semata-mata pada penguasaan dan pemahaman konsep-konsep ilmiah tetapi juga pada peningkatan kemampuan dan keterampilan berpikir siswa artinya guru perlu mengajarkan siswanya untuk belajar berpikir (teaching of thinking). Salah satu upaya yang bisa dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa adalah melakukan upaya pengembangan perangkat pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan berpikir siswa yang disesuaikan dengan karakteristik dan lingkungan siswa. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah 1) menghasilkan perangkat pembelajaran dan bahan ajar berupa LKS pada materi Mengenal Dunia Tumbuhan (Plantae) melalui pendekatan kontekstual untuk siswa Kelas X 2) Mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran dan LKS pada materi Mengenal Dunia Tumbuhan (Plantae) melalui pendekatan kontekstual dengan menerapkan strategi Discovery Learninguntuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X dengan menerapkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbasis Lesson Study (LS). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan terhadap perangkat pembelajaran biologi yang mengacu pada model pengembangan oleh Thiagarajan dkk (1974) yang bersifat deskriptif dengan model 4D yang terdiri dari 4 langkah. Langkah-langkah tersebut yaitu 1) pendefinisian (define) berisi mengenai permasalahan pembelajaran di kelas permasalahan siswa dan kompetensi yang harus di capai siswa 2)perancangan (design) berisi tentang desain pengembangan yang akan digunakan 3)pengembangan (develop) berisi validasi ahli dan uji coba produk dan 4) penyebaran (dissemination) merupakan tahapan akhir berupa produksi hasil pengembangan dalam skala besar dan dapat digunakan secara luas. Namun pada penelitian pengembangan ini tahap penyebaran tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya operasional. Hasil analisis data dari penilaian validasi perangkat pembelajaran biologi yang dikembangkan oleh validator internal validator eksternal dan pelaksana pembelajaran menunjukkan bahwa silabus RPP instrumen penilaian kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kritis dan LKSmemiliki kualifikasi sangat baik dengan rentangan nilai persentase diantara 81-100% dan dilakukan revisi seperlunya. Hasil analisis data pada tahap initial developmental testing di kelas X IPA 1 terhadap LKS menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan memiliki kualifikasi yang sangat baik dan dilakukan revisi seperlunya. Hasil tahap quantitative developmental testing di kelas X IPA 4 pada siklus I dan siklus II memiliki persentase peningkatan yakni kemampuan memecahkan masalah sebesar 10 68% kemampuan berpikir kritis sebesar 14 02% dan hasil belajar siswa sebesar 12 83%. Analisis data di lakukan dengan menggunakan Uji t dimana nilai signifikansi Uji t pada tahap quantitative developmental testing untuk keefektifan penggunaan perangkat pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan memecahkan masalah kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa masing-masing mendapat nilai signifikansi 0 000 (sig.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60608

Actions (login required)

View Item View Item