Pengembangan modul program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) berbantuan pembelajaran berbasis masalah dan pengaruhnya terhadap hasil belajar kognitif dan sikap peduli lingkungan siswa kelas VII SMPN 18 Malang / Mardiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) berbantuan pembelajaran berbasis masalah dan pengaruhnya terhadap hasil belajar kognitif dan sikap peduli lingkungan siswa kelas VII SMPN 18 Malang / Mardiana

Mardiana (2016) Pengembangan modul program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) berbantuan pembelajaran berbasis masalah dan pengaruhnya terhadap hasil belajar kognitif dan sikap peduli lingkungan siswa kelas VII SMPN 18 Malang / Mardiana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mardiana. 2016. Pengembangan Modul Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Berbantuan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas VII SMPN 18 Malang. Tesis Jurusan Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj.Mimien Henie Irawati M.S. (II) Dr. Sueb M.Kes. Kata kunci modul Program KRPL Pembelajaran Berbasis Masalah hasil belajar kognitif sikap peduli lingkungan. Bahan ajar memiliki peran sangat penting bagi guru siswa serta pada kegiatan pembelajaran. Salah satu jenis bahan ajar yang dapat digunakan untuk memudahkan siswa dalam belajar berupa modul karena memiliki struktur yang sistematis sehingga siswa dapat belajar mandiri tanpa guru dan menjadikan pembelajaran semakin bermakna sesuai dengan tujuan pendidikan dan kurikulum 2013. Tujuan penelitianyaitu (1) menyusun modul Program KRPL berbantuan PBM untuk siswa sekolah menengah pertama (2) menguji kelayakan modul Pogram KRPL berbantuan PBM melalui uji validasi oleh ahli materi ahli modul dan praktisi pendidikan (3) menguji kepraktisan modul program KRPL berbantuan PBM melalui uji coba pendahuluan oleh siswa (4) mengetahui tingkat keefektifan modul program KRPL Berbantuan PBM terhadap hasil belajar kognitif siswa dan sikap peduli lingkungan lingkungan siswa kelas VII SMPN 18 Malang melalui quasi experiment.Pengembangan modul program KRPL berbantuan PBM ini menggunakan model pengembangan Analyze Design Develop Implement Evaluasi(ADDIE). Berdasarkan hasil yang didapatkan melalui validasi ahli materi sebesar 90 5% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi ahli modul sebesar 82 4% dengan kategori sangat valid. Hasil praktisi pendidikan di lapangan sebesar 96 0% dengan kategori sangat valid dan uji pendahuluan sebesar 89 9% dengan kategori sangat valid.Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan analisis statistik anakova dihasilkan F hitung untuk hasil belajar kognitif sebesar 8 08 dengan signifikansi 0 001 lebih kecil dari 945 0 05 (

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60607

Actions (login required)

View Item View Item