Hubungan gaya belajar dan berpikir kritis terhadap hasil belajar pada pembelajaran biologi berbasis group investigation pada siswa kelas X SMA di Kota Malang / Yakobus Mite - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan gaya belajar dan berpikir kritis terhadap hasil belajar pada pembelajaran biologi berbasis group investigation pada siswa kelas X SMA di Kota Malang / Yakobus Mite

Mite, Yakobus (2016) Hubungan gaya belajar dan berpikir kritis terhadap hasil belajar pada pembelajaran biologi berbasis group investigation pada siswa kelas X SMA di Kota Malang / Yakobus Mite. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mite Yakobus. 2016. Hubungan Gaya Belajar dan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Biologi Berbasis Group Investigation pada Siswa Kelas X MIA SMA Di Kota Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. A.D. Corebima M. Pd. (2) Dr. Istamar Syamsuri M.Pd. Kata Kunci hasil belajar gaya belajar siswa berpikir kritis group investigation. Pencapaian hasil belajar dalam pembelajaran biologi dapat berbeda antara satu siswa dengan siswa lainnya. Hal ini disebabkan adanya beberapa variabel yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa di antaranya yaitu gaya belajar berpikir kritis model pembelajaran dan sebagainya. Beberapa penelitian mengenai hubungan antara gaya belajar berpikir kritis dan hasil belajar telah banyak dilakukan sebelumnya namun penelitian tersebut hanya terbatas pada hubungan tunggal antara satu variabel prediktor dengan satu variabel kriterium. Kajian hubungan ganda antara gaya belajar dan berpikir kritis terhadap hasil belajar dimungkinkan akan memberikan informasi yang lebih baik mengenai bagaimana kedua variabel tersebut dapat menjelaskan hasil belajar. Informasi semacam ini sangatlah penting bagi pelaksanaan pendidikan maupun penelitian-penelitian serupa lainnya. Di samping itu pengkajian hubungan ganda antara gaya belajar dan berpikir kritis terhadap hasil belajar akan lebih baik jika dilakukan di dalam model pembelajaran group investigation serta sumbangan gaya belajar dan berpikir kritis dalam menjelaskan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan rancangan deskripsi-korelasional di mana gaya belajar dan berpikir kritis sebagai prediktor dan hasil belajar sebagai kriterium. Subyek penelitian ini ialah siswa kelas X MIA 2 dan kelas X MIA 4 SMAK St Maria Malang. Pengumpulan data menggunakan tes yang diukur pengisian angket untuk gaya belajar dan rubrik untuk berpikir kritis sedangkan hasil belajar diukur dengan nonrubrik. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan garis regresi Y 0 147 0 170X1 0 992X2 dengan sumbangan variabel prediktor terhadap variabel kriterium sebesar 80% sedangkan sisanya sebesar 20% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Hal ini menunjukkan bahwa 1) ada hubungan antara gaya belajar dan berpikir kritis terhadap hasil belajar dalam model pembelajaran group investigation dengan nilai R 0 895 ( 0 05) dan 2) gaya belajar memberi sumbangan sebesar 0 04% dan berpikir kritis memberikan sumbangan sebesar 80 00% terhadap hasil belajar dalam model pembelajaran group investigation. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi para pendidik untuk memperhatikan gaya belajar dan berpikir kritis siswa serta menerapkan model pembelajaran group investigation karena berpotensi dalam memberdayakan gaya belajar dan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60604

Actions (login required)

View Item View Item