Pengaruh model pembelajaran socio-biological case based learning terhadap literasi biologi, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif mahasiswa Biologi FMIPA UM / Herwim Enggar Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran socio-biological case based learning terhadap literasi biologi, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif mahasiswa Biologi FMIPA UM / Herwim Enggar Pratiwi

Pratiwi, Herwim Enggar (2016) Pengaruh model pembelajaran socio-biological case based learning terhadap literasi biologi, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif mahasiswa Biologi FMIPA UM / Herwim Enggar Pratiwi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratiwi Herwim Enggar. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Socio-Biological Case Based Learning Terhadap Literasi Biologi Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Biologi FMIPA UM . Tesis. Jurusan Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Hadi Suwono M.Si (II) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D. Kata Kunci model pembelajaran socio-biological case based learning literasi biologi keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui perbedaan model pembelajaran socio-biological case based learning terhadap literasi biologi keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif mahasiswa biologi FMIPA UM. Model pembelajaran ini dikembangkan untuk memfasilitasi dosen dan mahasiswa memanfaatkan kasus yang terjadi di kehidupan sehari-hari dipecahkan dengan materi biologi di dalam atau di luar kelas. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (quasi experimental design) dengan pola nonrandomized pretest-posttest control group design. Penelitian dilakukan di jurusan Biologi UM pada matakuliah Biologi Umum mahasiswa angkatan 2015. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober-Desember 2015. Data keterampilan berpikir kritis dikumpulkan dari pretest dan posttest. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa literasi biologi keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan literasi biologi keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif pada matakuliah Biologi umum antara kelas model socio-biological case based learning dan model lecture based learning. Berdasarkan hasil rerata Gain score didapatkan bahwa (1). Ada perbedaan literasi biologi mahasiswa biologi pada matakuliah biologi umum melalui model pembelajaran socio-biological case based learning (2). Ada perbedaan keterampilan berpikir kritis mahasiswa biologi pada matakuliah biologi umum melalui model pembelajaran socio-biological case based learning serta (3). Ada perbedaan hasil belajar kognitif mahasiswa biologi pada matakuliah biologi umum melalui model pembelajaran socio-biological case based learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60600

Actions (login required)

View Item View Item