Perbandingan keterampilan metakognitif, kemampuan berpikir kritis dan karakter siswa SMA dalam pembelajaran biologi melalui strategi reciprocal teaching, think pair share dan reciprocal teaching dipadu think pair share / Yunawati Sele - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan keterampilan metakognitif, kemampuan berpikir kritis dan karakter siswa SMA dalam pembelajaran biologi melalui strategi reciprocal teaching, think pair share dan reciprocal teaching dipadu think pair share / Yunawati Sele

Sele, Yunawati (2016) Perbandingan keterampilan metakognitif, kemampuan berpikir kritis dan karakter siswa SMA dalam pembelajaran biologi melalui strategi reciprocal teaching, think pair share dan reciprocal teaching dipadu think pair share / Yunawati Sele. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sele Yunawati. 2016. Perbandingan Keterampilan Metakognitif Kemampuan Berpikir Kritis dan Karakter Siswa dalam Pembelajaran Biologi Melalui Strategi Reciprocal Teaching Think Pair Share dan Reciprocal Teaching dipadu Think Pair Share. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I). Prof. Dr. A. D. Corebima M.Pd (II). Dr. Hj. Sri Endah Indriwati M.Pd Kata kunci Keterampilan Metakognitif Kemampuan Berpikir Kritis Karakter Strategi Reciprocal Teaching (RT) Strategi Think Pair Share (TPS) Strategi RT dipadu TPS Strategi pembelajaran Reciprocal Teaching (RT) dan Think Pair Share (TPS) merupakan strategi pembelajaran kooperatif yang dapat diterapkan secara terpisah ataupun diterapkan secara terintegrasi. Strategi-strategi tersebut memiliki potensi dalam memberdayakan keterampilan metakognitif kemampuan berpikir kritis dan karakter siswa dalam pembelajaran biologi. Namun hingga saat ini informasi tentang perbandingan keterampilan metakognitif kemampuan berpikir kritis dan karakter siswa yang mengikuti pembelajaran RT TPS RT dipadu TPS serta pembelajaran konvensional masih terbatas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan keterampilan metakognitif kemampuan berpikir kritis dan karakter siswa pada keempat strategi pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan pretest-postest nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan pada semester gasal tahun ajaran 2015/2016 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 6 Malang dan SMA Negeri 9 Malang. Instrumen yang digunakan adalah tes essay rubrik keterampilan metakognitif rubrik kemampuan berpikir kritis serta angket karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat perbedaan keterampilan metakognitif antara siswa yang mengikuti pembelajaran RT TPS RT dipadu TPS dan konvensional. Siswa yang mengikuti pembelajaran RT dipadu TPS mengalami peningkatan keterampilan metakognitif yang paling tinggi. Peningkatan tersebut lebih tinggi 39 12% dari siswa pada pembelajaran RT lebih tinggi 52 31% dari siswa pada pembelajaran TPS serta lebih tinggi 112 89% dari siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang mengikuti pembelajaran RT TPS RT dipadu TPS dan konvensional. Siswa yang mengikuti pembelajaran RT dipadu TPS mengalami peningkatan kemampuan berpikir kritis yang paling tinggi. Peningkatan tersebut lebih tinggi 52 51% dari siswa pada pembelajaran RT lebih tinggi 70 14% dari siswa pada pembelajaran TPS serta lebih tinggi 133 88% dari siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. 3) Terdapat perbedaan karakter antara siswa yang mengikuti pembelajaran RT TPS RT dipadu TPS dan konvensional. Siswa yang mengikuti pembelajaran RT dipadu TPS mengalami peningkatan karakter yang paling tinggi. Peningkatan tersebut lebih tinggi 2 58% dari siswa pada pembelajaran TPS serta lebih tinggi 7 99% dari siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Informasi tentang tingginya potensi pembelajaran RT dipadu TPS dalam memberdayakan keterampilan metakognitif kemampuan berpikir kritis dan karakter siswa diharapkan dapat menginspirasi guru untuk menerapkan strategi pembelajaran tersebut secara konsisten dalam pembelajaran. Selain itu informasi tentang rendahnya potensi pembelajaran konvensional juga hendaknya menginspirasi guru untuk menghilangkan kebiasaan mengajar secara konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60599

Actions (login required)

View Item View Item