Pengembangan buku referensi bioetika Jurusan Pendidikan IPA Biologi IAIN Mataram / Muh. Zaini Hasanul Muttaqin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku referensi bioetika Jurusan Pendidikan IPA Biologi IAIN Mataram / Muh. Zaini Hasanul Muttaqin

Muttaqin, Muh. Zaini Hasanul (2016) Pengembangan buku referensi bioetika Jurusan Pendidikan IPA Biologi IAIN Mataram / Muh. Zaini Hasanul Muttaqin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muttaqin Muhammad Zaini Hasanul. 2015. Pengembangan Buku Referensi Bioetika Jurusan Pendidikan IPA Biologi IAIN Mataram. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. agr. H. Mohamad Amin S.Pd M.Si. (2) Prof. Dr. Hj. Siti Zubaidah M.Pd. Kata kunci buku referensi bioetika Pendidikan IPA Biologi IAIN Mataram. Bioteknologi sebagai salah satu hasil atau produk olah pikir manusia yang bersumber dari ilmu kealaman seringkali menimbulkan pro dan kontra di tengah masyarakat. Pihak pro menyatakan bahwa produk bioteknologi memberikan dampak positif terhadap kehidupan masyarakat tetapi di sisi lain pihak yang kontra menyatakan bahwa produk bioteknologi dalam pemanfatannya seringkali salah sasaran. Nilai-nilai yang berlaku di tengah masyarakat terkait pemanfaatan produk bioteknologi diulas dalam suatu kajian yang disebut bioetika. Kompetensi pembelajaran bioetika adalah mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip bioetika sebagai sumber nilai dan pedoman serta landasan berpikir dan berperilaku dalam kehidupan sehari-hari sebagai insan intelektual. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan buku referensi bioetika Jurusan Pendidikan IPA Biologi IAIN Mataram. Penelitian ini menggunakan model pengembangan yang diajukan oleh Borg dan Gall (1983). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara angket observasi dan tinjauan literatur. Uji coba produk dilakukan dengan melibatkan ahli materi ahli media dan kelompok uji coba. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara lembar angket lembar observasi dan literatur. Instrumen uji coba yang digunakan adalah lembar validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterbutuhan mahasiswa Jurusan Pendidikan IPA Biologi IAIN Mataram terhadap buku referensi bioetika adalah butuh dengan persentase 80%. Hasil uji coba buku referensi menunjukkan bahwa buku referensi sangat valid dengan persentase valid dari ahli materi internal 83 39% ahli materi eksternal 97 62% ahli media 89 8% dan kelompok uji coba 88 33%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan 1) tingkat keterbutuhan buku referensi bioetika di Jurusan Pendidikan IPA Biologi adalah butuh 2) tingkat kevalidan dari buku referensi adalah sangat valid atau sangat layak untuk dikembangkan di Jurusan Pendidikan IPA Biologi IAIN Mataram. Saran yang dianjurkan dalam penelitian ini adalah 1) pengembangan bahan ajar berupa buku referensi bioetika diharapkan dapat dikembangkan di jurusan atau institusi lain untuk pemanfaatan yang lebih luas 2) kajian di dalam buku referensi bioetika diharapkan menggunakan perspektif sosial-budaya masyarakat di luar Pulau Lombok dan menggunakan perspektif agama lain selain Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60583

Actions (login required)

View Item View Item